STRATEGI HUMAS CV. EFFA INDOBOGA PEWARALABA TELATELA INDONESIA YOGYAKARTA DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF

YOWANDO, FERDY (2013) STRATEGI HUMAS CV. EFFA INDOBOGA PEWARALABA TELATELA INDONESIA YOGYAKARTA DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of a.pdf]
Preview
Text
a.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis makanan ringan dengan sistem waralaba semakin ketat dengan
munculnya pesaing dari produk sejenis maupun dari produk lain. Kondisi bisnis
pewaralaba yang semakin kompetitif, memaksa suatu perusahaan untuk mampu
memenuhi keinginan mitrabisnis dan masyarakat agar apa yang menjadi target
sasaranya tidak diambil alih oleh perusahaan lain. Sebagai ujung tombak perusahaan,
Humas perusahaan harus melengkapi dirinya dengan rencana strategi humas yang
sistematis dan akurat agar bisa mendapat tempat didalam mitrabisnis dan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Humas CV.Effa Indoboga
Pewaralaba TelaTela Indonesia Yogyakarta dalam membentuk citra positif di mata
masyarakat dan mitrabisnis. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara,
kepustakaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori produksi pesan
komunikasi yang lebih memusatkan perhatiannya pada teori kumpulan aksi / action
assembly theory menurut John Green (LittleJohn). Hasil penelitian ini adalah dalam
program internal strategi humas terlihat dalam peningkatan SDM karyawan untuk
kualitas pelayanan melalui meningkatkan kualitas barang atau produk, adanya
sosialisasi logo dan tagline TelaTela, sumber daya manusia yang berkualitas dan
professional, seminar, workshop dan pelatihan, pelaksanaan SOP oleh mitrabisnis dan
franchisee, meningkatkan kesejahteraan karyawan, penggunaan seragam kerja,
mengadakan pertemuan atau rapat, adanya jingle telatela. Sedangkan dalam program
eksternal humas berperan dalam menjalin hubungan dengan mitrabisnis, masyarakat,
Pengadaan riset, media relations, sosialisasi telatela dan kerjasama perusahaan.
Dengan adanya strategi humas perusahaan dan ditambah lagi dengan kegiatan
meliputi CSR dan kegiatan-kegiatan sosialisasi secara langsung dan tidak langsung
citra positif perusahaan dimata masyarakat dan mitrabisnis bisa meningkat. Kegiatan
itu meliputi 1. Program bina lingkungan yang dilakukan humas telatela, 2. Kegiatan
sosialisasi secara langsung maupun tidak langsug melalui berbagai jenis media baik
cetak, elektronik maupun internet untuk mempublikasikan berbagai program
perusahan. Humas harus meningkatkan komunikasi publik eksternal melalui media
yang dapat diterima semua kalangan masyarakat dan mitrabisnis sehingga informasi
dapat tersampaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Nov 2016 03:34
Last Modified: 23 Nov 2016 03:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9218

Actions (login required)

View Item View Item