Analisi Framing Pemberitaan Mengenai Issue Money Politic Pada Surat Kabar Harian Bekasi Ekspres Periode Januari-Maret 2012

Yunairtiayani, Anis (2012) Analisi Framing Pemberitaan Mengenai Issue Money Politic Pada Surat Kabar Harian Bekasi Ekspres Periode Januari-Maret 2012. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

atau pemilukada, adalah pemilihan umum untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung di Indonesia oleh penduduk daerah setempat yang memenuhi syarat. Pada tanggal 11 Maret 2012, Kabupaten Bekasi melaksanakan pilkada. Topik pemberitaan yang banyak dimuat di surat kabar lokal Bekasi adalah mengenai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bekasi. Hari-hari menjelang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bekasi, aksi politik uang semakin terlihat pada saat kampanye. Fenomena yang terjadi pada pilkada Kabupaten Bekasi menunjukkan bahwa para kandidat tidak mau jujur atas kemenangan dan kekalahan secara elegan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan SKH Bekasi Ekspres mengenai Pilkada Kabupaten Bekasi 2012 dan untuk mengetahui cara dan teknik yang digunakan SKH Bekasi Ekspres dalam menonjolkan suatu peristiwa mengenai Pilkada Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis framing pada 15 berita yang dimuat SKH Bekasi Ekspress Periode Januari – Maret 2012. Teknik framing dalam penelitian ini menggunakan 4 tahapan framing menurut Robert Etnman yang menfokuskan pada Problem Indentification (pendefinisian masalah), Causal Interpretation (sumber atau penyebab masalah), Moral Evaluation (membuat keputusan moral) dan Treatment Recommendation (Penekanan penyelesaian). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SKH Bekasi Ekspres telah menemukan banyak bukti adanya aksi politik uang pada ketiga calon Pilkada saat kampanye Pilkada Kabupaten Bekasi 2012. Frame money politic yang disajikan SKH Bekasi Ekspres sesuai dengan pandangan para wartawan, faktor internal (ideologi media, kebijakan pemimpin media) dan eksternal media (Panwaslu, KPUD, organisasi yang berkepentingan), sehingga khalayak juga akan mempunyai pandangan mengenai realitas yang disajikan SKH Bekasi Ekspres

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 22 Nov 2016 09:28
Last Modified: 22 Nov 2016 09:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9214

Actions (login required)

View Item View Item