Analisi Framing Pemberitaan Mengenai Issue Money Politic Pada Surat Kabar Harian Bekasi Ekspres Periode Januari-Maret 2012

Yunairtiayani, Anis (2012) Analisi Framing Pemberitaan Mengenai Issue Money Politic Pada Surat Kabar Harian Bekasi Ekspres Periode Januari-Maret 2012. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

atau pemilukada, adalah pemilihan umum untuk memilih kepala daerah dan wakil
kepala daerah secara langsung di Indonesia oleh penduduk daerah setempat yang memenuhi
syarat. Pada tanggal 11 Maret 2012, Kabupaten Bekasi melaksanakan pilkada. Topik
pemberitaan yang banyak dimuat di surat kabar lokal Bekasi adalah mengenai Pemilihan
Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bekasi. Hari-hari menjelang pelaksanaan Pilkada
Kabupaten Bekasi, aksi politik uang semakin terlihat pada saat kampanye. Fenomena yang
terjadi pada pilkada Kabupaten Bekasi menunjukkan bahwa para kandidat tidak mau jujur
atas kemenangan dan kekalahan secara elegan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pandangan SKH Bekasi Ekspres mengenai Pilkada Kabupaten Bekasi 2012 dan
untuk mengetahui cara dan teknik yang digunakan SKH Bekasi Ekspres dalam menonjolkan
suatu peristiwa mengenai Pilkada Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis framing pada 15 berita
yang dimuat SKH Bekasi Ekspress Periode Januari – Maret 2012. Teknik framing dalam
penelitian ini menggunakan 4 tahapan framing menurut Robert Etnman yang menfokuskan
pada Problem Indentification (pendefinisian masalah), Causal Interpretation (sumber atau
penyebab masalah), Moral Evaluation (membuat keputusan moral) dan Treatment
Recommendation (Penekanan penyelesaian). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
SKH Bekasi Ekspres telah menemukan banyak bukti adanya aksi politik uang pada ketiga
calon Pilkada saat kampanye Pilkada Kabupaten Bekasi 2012. Frame money politic yang
disajikan SKH Bekasi Ekspres sesuai dengan pandangan para wartawan, faktor internal
(ideologi media, kebijakan pemimpin media) dan eksternal media (Panwaslu, KPUD,
organisasi yang berkepentingan), sehingga khalayak juga akan mempunyai pandangan
mengenai realitas yang disajikan SKH Bekasi Ekspres

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 22 Nov 2016 09:28
Last Modified: 22 Nov 2016 09:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9214

Actions (login required)

View Item View Item