KIRANA JATI, SYARA (2012) STRATEGI KOMUNIKASI HR-SOEBAGYO & PARTNERS LAW FIRM DI JAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KLIEN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Pages from Binder1.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Dalam sebuah hubungan dan interaksi yang baik dibutuhkan juga unsur
komunikasi yang baik di dalamnya. Begitu pula dalam interaksi antara lawyer HRSOEBAGYO
& PARTNERS dan klien. Komunikasi yang digunakan merupakan
komunikasi interpersonal dimana lawyer dan klien berhadapan, bertatap muka secara
langsung. Klien datang dengan ketidakpastian, kecemasaan, dan harapan mengenai
penyelesaian permasalahan hukum yang dihadapinya, maka lawyer perlu strategi
komunikasi interpersonal yang baik untuk mengatasi hal tersebut. Tujuannya adalah
agar klien menjadi nyaman dan terbuka terhadap lawyer. Dengan begitu informasi
yang dibutuhkan akan lebih mudah didapat dan klien dapat mengerti isi pesan yang
disampaikan oleh lawyer, dan mampu mempercayakan permasalahan hukumnya
kepada lawyer. Penelitian ini dilakukan di HR-SOEBAGYO & PARTNERS Law
Firm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi HRSOEBAGYO
& PARTNERS Law Firm dalam meningkatkan kepercayaan klien.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian deskriptif yang menitikberatkan pada observasi,
wawancara, dan suasana ilmiah. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara,
dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam
bentuk uraian yang disusun secara logis dan sistematis. Berdasarkan data dan analisi
yang dilakukan maka didapatkan hasil bahwa dalam interaksi antara lawyer dan klien
terjadi komunikasi interpersonal. HR-SOEBAGYO &PARTNERS memiliki langkahlangkah
dalam berinteraksi dengan klien yaitu, memperkenalkan diri, mengajak
bicara, dan menganalisis kasus. Berdasarkan hasil penelitian ada dua macam aktifitas
strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh lawyer HR-SOEBAGYO
&PARTNERS yaitu, klien mendatangi firma hukum dan lawyer (perwakilan dari
firma hukum) mendatangi klien. Tentunya dengan berkomunikasi dengan klien,
lawyer juga menemukan kendala seperti, klien datang dengan persepsinya sendiri,
kurangnya keterbukaan klien, dan keterbatasan waktu untuk berdiskusi atau
kesepakatan.
In a good relationship and interaction the elements of good communication
are also required in it. Similarly, the interaction between lawyer HR-Soebagyo &
PARTNERS and client. They used interpersonal communication in which the lawyer
and the client face to face, face to face directly. Clients come with uncertainty,
anxiety, and expectations regarding the settlement of legal issues it faces, then the
lawyer needs a good interpersonal communication strategies to overcome it. The aim
is that clients become comfortable and open to the lawyer. That way the information
needed will be more available to read and the client can understand the message
delivered by a lawyer, and be able to entrust the legal issues to the lawyers. The
research was carried out in HR-Soebagyo & PARTNERS Law Firm. The purpose of
this study was to determine the communication strategy HR-Soebagyo &
PARTNERS Law Firm in increasing the confidence of clients. Type of research
conducted is qualitative research. The research method used is descriptive research
method that focuses on observation, interviews, and scholarly atmosphere. The
research data obtained from observation, interview and literature study. The Data
were analyzed qualitatively and presented in the form of a structured description of a
logical and systematic. Based on the data and performed the analysis showed that the
interaction between lawyer and client interpersonal communication takes place. HRSoebagyo
& PARTNERS have steps in interacting with clients, namely, introducing
themselves, talking, and analyzing the case. Based on the results of the research
activities there are two kinds of interpersonal communication strategies used by the
lawyer HR-Soebagyo & PARTNERS is, the client went to law firms and lawyers
(representatives of law firms) came to the client. Surely with communicate with
clients, lawyers have also found such constraints, the client comes with its own
perception, lack of openness of the client, and the limited time for discussion or
agreement.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 06:04 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:04 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |