EMBUN PURNAMA, DARMASTUTI (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CAFÉ TUAN MUDA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
a.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Café Tuan Muda dalam menarik minat
konsumen. Bisnis kuliner adalah bisnis yang menguntungkan karena semua orang membutuhkan
makan. Kondisi tersebut menimbulkan persaingan antar café yang semakin ketat untuk
meningkatkan jumlah pengunjung. Dalam hal ini yang menjadi objek penelitian adalah Café Tuan
Muda Yogyakarta. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan “Strategi Marketing Communication
yang digunakan Café Tuan Muda dalam menarik minat konsumen”, untuk mengetahui upaya apa
saja yang digunakan Café Tuan Muda dalam meraih konsumen dan media apa yang digunakan untuk
menerapkan strategi komunikasi pemasaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu
deskriptif, dengan penelitian jenis kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan
marketing komunikasi sebagai key informan. Juga didukung dengan dokumentasi dan observasi.
Data yang diperoleh dijelaskan secara kualitatif dan dijelaskan dalam bentuk uraian yang disusun
secara detail dan sistematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Café Tuan Muda dalam
menjalankan kegiatan strategi komunikasi pemasaran menggunakan beberapa elemen yang ada
dalam promotion mix, yaitu Advertising, Sales Promotion, Direct Marketing dan Word Of Mouth
(getok tular). Kegiatan Advertising dilakukan dengan memanfaatkan poster dan baliho sebagai media
komunikasi yang dilakukan dapat lebih komunikatif. Pada tahapan sales promotion, perusahaan
menggunakan diskon bagi para konsumen berdasarkan momentum dan juga beberapa potongan
harga untuk lebih menarik konsumen. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah jika dilihat dari strategi
komunikasi pemasaran yang telah dilakukan sudah cukup berjalan dengan baik, yaitu dengan
menggunakan konsep dan teori dalam komunikasi pemasaran yaitu promotion mix. Target
konsumen yang ingin dicapai juga sudah mengalami peningkatan di setiap tahunnya, hal ini
menunjukan bahwa program-program promosi yang dijalankan Café Tuan Muda sudah cukup baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 03:55 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 03:55 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |