PENGARUH TERPAAN IKLAN XL DAN PERSEPSI MEREK XL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PROVIDER XL DIKALANGAN REMAJA (Studi Survey pada Remaja SMK Negeri 2 Depok STM Pembangunan Yogyakarta)

LESTARI, KARTIKA (2014) PENGARUH TERPAAN IKLAN XL DAN PERSEPSI MEREK XL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PROVIDER XL DIKALANGAN REMAJA (Studi Survey pada Remaja SMK Negeri 2 Depok STM Pembangunan Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Iklan XL yang ada ditelevisi terbilang menarik karena iklannya yang variatif dan menceritakan kehidupan remaja yang sesuai dengan realita. XL juga merupakan pioner munculnya ide cerita iklan yang segar dan lebih menarik. Dari iklan tersebut dapat diketahui apakah terdapat persepsi merek terhadap pengambilan keputusan pembelian. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R dan teori AIDA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian survey yaitu metode yang penelitiannya mengambil sampel 95 orang dari 1788 orang siswa SMK Negeri 2 Depok STM Pembangunan Yogyakarta, karena kategori usia mereka adalah kategori usia remaja yang sangat akrab dengan adanya singkatan kata berbau humoris dan bahasa gaul yang booming akhir -akhir ini. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapat nilai korelasi antara terpaan iklan XL sebesar -0,074 sedangkan korelasi antara persepsi merek XL terhadap pengambilan keputusan pembelian provider XL sebesar 0,546, namun iklan dan persepsi terhadap keputusan pembelian provider XL hanya sebesar 0,299 atau 29,9%. Artinya, iklan XL yang ditayangkan di televisi tidak dapat memberi pengaruh yang besar terhadap pengambilan keputusan pembelian provider XL di kalangan remaja SMK Negeri 2 Depok STM Pembangunan Yogyakarta. Hal ini terjadi karena siswa SMK Negeri 2 Depok STM Pembangunan Yogyakarta menggunakan provider XL karena merek XL yang sudah mereka kenal dan tidak semata-mata karena iklan XL yang ditayangkan di televisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:16
Last Modified: 22 Nov 2016 03:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9142

Actions (login required)

View Item View Item