BERTUDA TERISKO, ALDINO (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KALIMILK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR TEMPAT MINUM SUSU DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengungkapkan hasil dari studi empiris yang menganalisa
tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Kalimilk dalam
mengahadapi persaingan antar tempat minum susu di Yogyakarta. Untuk dapat
bertahan di dalam pasar yang selalu berubah dengan cepat dan amat kompetitif,
perusahaan perlu menentukan strategi komunikasi pemasaran untuk menghadapi
persaingan. Jadi jelaslah bahwa strategi komunikasi pemasaran itu sangat penting
bagi perusahaan. Melalui komunikasi pemasaran, hasil pproduksi dapat dikenalkan
kepada konsumen. Apabila hasil produksinya baik dan dapat memberikan kepuasan
di hati pelanggan, maka mereka akan menjadi pelanggan.Penelitian ini melakukan
pengamatan secara langsung di Kalimilk dengan melakukan wawancara untuk
mengethaui strategi komunikasi pemasaran dengan alat analisis kualitatif, data yang
diambil untuk menguji hiotesa tidak diolah melalui perhitungan matematis ataupun
berbagai rumus statistik melainkan pengolahan data yang dilakukan secara rasional
dengan berfikir menurut logika.Penelitian ini menemukan bahwa Kalimilk telah
melakukan strategi komunikasi pemasaran yang baik dengan cara melaksanakan
strategi komunikasi “Four P’S” dari pemasaran. Yang biasa pula disebut sebagai alat
untuk menjalankan suatu strategi dalam membentuk suatu bauran pemasaran
(marketing mix) “Four P’S” adalah : a. Product (produk) dalam strategi pelayanan
dan produk, Kalimilk menetapkan jenis pasar yaitu semua segmen, baik menengah
keatas maupun menengah kebawah. b. Price,harga susu di Kalimilk sangat murah
sehingga masyarakat awam semua lapisan dapat menikmatinya. c. Promotion
Kalimilk dalam memperkenalkan produknya menggunakan bauran promosi yaitu,
Advertising (periklanan), Promosi Penjualan, Humas, penjualan personal, pemasaran
langsung. d. Place, Kalimilk mempunyai 2 gerai toko saat ini dan berada di lokasi
yang sangat strategis sehingga memudahkan pelanggan dalam hal berkunjung.
This research reveals the result of empirical study that analyzes marketing
communication strategy conducted by Kalimik in facing competition among milk
counters in Yogyakarta. In order to stand in rapidly changing and very competitive
market, company needs to determine marketing communication strategy to face the
competition. It is clear that marketing communication strategy is very important for
company. Through marketing communication, production result can be introduced to
consumers. If the result is good and can give satisfaction in costumers’ heart, so they
will be costumers.This research conducts direct observation in Kalimik by
interviewing to know the marketing communication strategy with qualitative analysis
tools, the data taken to test hypothesis does not proceed through mathematic
calculation or any statistical formulation, but data tabulation conducted rationally by
thinking according to logic.This research finds that Kalimik has done a good
marketing communication strategy by doing “Four P’S” communication strategy
from the marketing. That is usually called tools to conduct a strategy in form of
marketing mix of “Four P’S” are : a. Product in service strategy and product, Kalimik
determines the market type of all segments, whether upper-middle or lower middle. b.
Price, the price in Kalimik is very cheap so that the society can enjoy it. c. Kalimik
promotion in introducing its product uses promotion mix, whih are, advertising,
selling promotion, public relation, personal selling, direct marketing. d. Place,
Kalimik has 2 stores at present and located in a strategic location so that it can enable
the costumers to visit.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 04:28 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 04:28 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |