PENGARUH TERPAAN PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM “ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI” TERHADAP PENGUATAN MEREK di KALANGAN REMAJA (Studi Eksperimental)

SORAYA, ERNA (2012) PENGARUH TERPAAN PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM “ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI” TERHADAP PENGUATAN MEREK di KALANGAN REMAJA (Studi Eksperimental). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Product placement adalah sebuah aktivitas komunikasi pemasaran dengan
mempromosikan sebuah merek melalui film, program-program TV, dan berbagai
media entertainment lainnya. Dalam hal ini, penelitian dilakukan untuk
mengetahui besarnya pengaruh terpaan product placement yang terdapat dalam
film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” terhadap penguatan merek di kalangan
remaja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang tergolong
Preexperimental Design dengan jenis penelitian One-shot case study design.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive atau
judgemental sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi
yang berkuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta khususnya pada program studi
Ilmu Komunikasi, sebanyak 30 orang. Variabel bebasnya adalah intensitas
menonton terpaan product placement yang terdapat dalam film Alangkah
Lucunya Negeri Ini dan variabel terikatnya yaitu penguatan merek produk
Yamaha, Fatigon Hydro, Promag, Sosis So Nice dan Bank Muamalat. Data diuji
dengan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan uji
korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini
adalah terdapat pengaruh antara intensitas menonton terpaan product placement
yang terdapat dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini terhadap penguatan
merek terhadap produk Yamaha, Sossis So Nice, Fatigon Hydro, Promag dan
Bank Muamalat, dibuktikan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,148>2,024)
dan nilai signifikansi lebih kecil dari 5% (0,004<0,05). Nilai positif pada koefisien
regresi menunjukkan semakin meningkat intensitas menonton terpaan product
placement yang terdapat dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini maka semakin
meningkat pula penguatan merek terhadap produk Yamaha, Sossis So Nice,
Fatigon Hydro, Promag dan Bank Muamalat. Besar sumbangan ditunjukkan
dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,261 yang artinya intensitas
tayangan product placement mempengaruhi penguatan merek terhadap produk
sebesar 26,1%, sisanya 73,9% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: Product placement, Penelitian Eksperimental, Penguatan Merek,
purposive sampel.

Product placement is a marketing communication activities to promote a
brand through films, TV programs, and various other entertainment media. In this
case, the research conducted to determine the magnitude of the influence of
exposure to product placement contained in the film “Alangkah Lucunya Negeri
Ini” toward the strengthen of the brand among adolescent. This study is an
experimental research that appertain Preexperimental Design with One-shot case
study design type research. Sampling techniques in the study was purposive or
judgmental sampling. Sample of this study were male and female of university
student who are study at the Faculty of Social and Political Sciences,
Pembangunan Nasional University "Veteran" of Yogyakarta in particular on the
study program of Communication Studies, as many as 30 people. The Independent
variable is the watched intensity of exposure to product placement that contained
in the movie Alangkah Lucunya Negeri Ini and the dependent variable, namely the
strengthening of the Yamaha products brand, Fatigon Hydro, Promag, Sosis So
Nice and Bank Muamalat. Data were tested by validity and reliability test, while
the data analysis using correlation test and simple linear regression. The results
of this study was there was influence between watching intensity of exposure to
product placement contained in the film Alangkah Lucunya Negeri Ini toward the
strengthen the brand on Yamaha products, Sossis So Nice, Fatigon Hydro,
Promag and Bank Muamalat, proved the t count value bigger than t table
(3.148>2.024) and significance values less than 5% (0.004<0.05). The Positive
values on the regression coefficients showed increased watched intensity of
exposure to product placement that contained in the Film Alangkah Lucunya
Negeri Ini then more increasing also the strengthening the brand of Yamaha
products, Sossis So Nice, Fatigon Hydro, Promag and Bank Muamalat. The large
contribution Indicated with the coefficient value of the determination (R2) of
0.261, which means the intensity of product placement affect the reinforcement
brand toward the product by 26.1%, the remaining 73.9% influenced by other
factors.
Keyword: Product placement, experimental research, Brand Equit, purposive
sampling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 21 Nov 2016 03:42
Last Modified: 21 Nov 2016 03:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9113

Actions (login required)

View Item View Item