FEBRIANA, INTAN (2012) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PERAWAT DENGAN PASIEN TERHADAP KEPUASANPASIEN “RS PKU MUHAMADYAH YOGYAKARTA BANGSAL AR-ROFAH KELAS 3”. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi dewasa ini telah memberikan banyak pengaruh dalam berjalannya
kehidupan manusia.kualitas komunikasi memberikan warna didalam hubungan
antar manusia. Hubungan yang terjalin dimulai dari hubungan dengan keluarga,
teman hingga bisnis, salah satunya adalah hubungan antara perawat dengan
pasien. RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu rumah sakit
yang berdiri dengan visi dan misi sesuai dengan tuntunan agama. Dengan kondisi
seperti ini, semua pekerja paramedis salah satunya perawat melayani pasien
dengan ajaran agama yang baik dan sopan. Salah satunya adalah pelayanan dalam
hal berkomunikasi. Perawat dituntut untuk melakukan komunikasi interpersonal
dengan pasien sesuai cara yang baik dan sopan, sehingga dihasilkan kepuasan
pasien. Untuk mencari hubungan yang positif dan pengaruh kualitas komunikasi
interpersonal terhadap kepuasan pasien, penelitian ini menggunakan teori
pertukaran sosial. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan
metode survey. Dari hasil penelitian, terbukti bahwa ada pengaruh positif dan
cukup berarti antara kualitas komunikasi interpersonal antara perawat dengan
pasien terhadap kepuasan pasien di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil
dari korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana didapatkan,
hasil korelasi product moment diperoleh 0,547, artinya kualitas komunikasi
interpersonal dengan kepuasan pasien di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta
memiliki hubunngan yang sedang. Sedangkan hasil dari regresi linier sederhana
didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas komunikasi
interpersonal dengan kepuasan pasien sebesar 30%, artinya bahwa kepuasan
pasien di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta dapat dijelaskan oleh variabel
kualitas komunikasi interpersonal antara perawat dengan pasien sebesar 30%,
sedangkan sisanya 70% dijelaskan oileh variabel lain seperti fasilitas dan kualitas
Dokter.
Kata kunci : kualitas komunikasi interpersonal, kepuasan pasien.
Communication had given so many effects for people. The quality of
communication gives colors in interpersonal relationship. The relationship may
come from relation in family, friends, or business, that one of the relations in
business is the relation between nurse and patient. The Public Hospital of PKU
Muhammadiyah Yogyakarta is one of hospital which is going based on values of
Islam. In this hospital, the nurses and the other medical staff serve the patients
according to the norms of Islam, as in building communication with patients.
Nurses must have an ability to build the interpersonal communication well and
respectfully, for the sake of patient’s satisfaction.This research is trying to look
for the positive relation and the effect of the quality of interpersonal
communication toward patient’s satisfaction, using social exchange theory. This
research is a quantitative research with survey method. In the end of this research
results that there is a positive and significant relation between the quality of
interpersonal communication of nurses and patients toward the patient’s
satisfaction of PKU Muhammadiyah Yogyakarta.From the product moment
correlation and the simple linier regression analysis, it results that the product
moment correlation is 0,547. Which it means that the quality of interpersonal
communication and the patient’s satisfaction of The Public Hospital of PKU
Muhammadiyah Yogyakarta has a medium relation. And from the simple linier
regression analysis, it results that there is a significant influence between the
quality of interpersonal communication and the patient’s satisfaction in the
number of 30%. Which it means that the patient’s satisfaction of The Public
Hospital of PKU Muhammadiyah Yogyakarta can be explained by the quality of
interpersonal communication variable between nurse and patient in the number of
30%, whereas the rest of 70% is explained by the other variables such as facility
and the quality of the doctors.
Keyword : quality of interpersonal communication, patient’s satisfaction.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 02:52 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 02:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |