VERDIAN, ROBBY (2012) STRATEGI KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN OFFICIAL MERCHANDISE GRUP MUSIK “ENDANK SOEKAMTI” (Studi Deskriptif Komunikasi Pemasaran Official Merchandise Grup Musik “Endank Soekamti” Dalam Membangun Hubungan Dengan Penggemar Dan Menjaga Eksistensi Di Belantika Musik Indonesia). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ROBBY VERDIAN-HALAMAN PERSETUJUAN FIX.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Inovasi kreatif dan interaksi dengan penggemar sangat dibutuhkan grup
musik agar dapat terus eksis di industri musik. Penulis memilih judul penelitian ini
karena saat ini pendapatan dari grup musik tidak hanya melalui jadwal tampil, cd
album, dan RBT mereka saja, kini mereka bisa mendapatkan pemasukan terbesar
melalui penjualan Official Merchandise, pemasukan dari Official Merchandise
tersebut dapat menghidupi grup musik untuk berkarya dan tetap eksis di belantika
musik Indonesia dengan pembuatan album, video klip, rekaman, membeli alat-alat
musik terbaru yang lebih canggih dan menggaji crew. Tujuan penelitian ini adalah
untuk Untuk menganalisis bagaimana strategi kreatif komunikasi pemasaran
Official Merchandise yang digunakan grup musik “Endank Soekamti” dan faktor
kedekatan emosional antara penggemar dengan personil serta faktor pendukung dan
hambatannya. Penulis meneliti strategi kreatif komunikasi pemasaran Official
Merchandise grup musik “Endank Soekamti” menggunakan penelitian kualitatif.
Metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Objek yang diteliti adalah data-data
mengenai strategi kreatif yang digunakan grup musik “Endank Soekamti” terhadap
penjualan Official Merchandisenya. Tempat yang menjadi objek penelitian
berlokasi di Jl. Kaliurang km 5 No. 14 Gg. Grompol Sleman Yogyakarta. Hasil
penelitiannya adalah strategi kreatif dari grup musik "Endank Soekamti” dengan
menggunakan branding pada mobil yang digunakan Official Merchandise demi
kemudahan akses dan pembelian bagi “Kamtis Family” terbilang sangat kreatif.
Ditambah lagi dengan adanya gathering dan sayembara dari “Endank Soekamti”
yang selalu melibatkan penggemarnya yang membangun faktor kedekatan
emosional antara penggemar dan grup musik “Endank Soekamti”. Strategi kreatif
komunikasi pemasaran yang digunakan oleh grup musik “Endank Soekamti” yaitu
advertising, personal selling, sales promotion, publicity and public relations dan
direct marketing serta di bantu oleh promosi dan sharing pada media online yang
sangat aktif. Strategi komunikasi yang dijalankan dimaksudkan untuk
mengkomunikasikan apa yang dikembangkan melalui bauran pemasaran atau
Marketing mix yang dapat saling melengkapi keberadaannya. Marketing mix
mencangkup tentang teori yang diungkap Kotler yaitu 4P, yaitu product, price,
place dan promotion. Ke empat elemen tersebut saling berkaitan dan terdapat
didalam komunikasi pemasaran yang digunakan oleh grup musik “Endank
Soekamti”.
Innovation, creativity, and interaction with fans is needed for a music group
in order to be exist in music industry. The writer choose the title of this research
because nowadays the income of music group can be earned not only from
upcoming show, CD albums, and Ring Back Tone, now they can earn their income
from Official Merchandise turnover, the income that is earned from Official
Merchandise turnover can help the music group to keep being exist in Indonesian
Music Industry. By using the income from Official Merchandise turnover, they can
create their albums, video clips, recording, and buying a new sophisticated music
instrumental, and hiring their crew. The purpose of this research is to analyze how
creative marketing communications strategy, Official Merchandise, used by
“Endank Soekamti” and the factor of emotional propinquity between the fans and
the personnel and also the supporting and obstruction factor. Writer research the
creative marketing communications strategy, Official Merchandise of “Endank
Soekamti” by using qualitative research. The method of its research is descriptive
method. The object that is researched is data about creative strategy which is used
by “Endank Soekamti” in their Official Merchandise turnover. Place that is being
an object of the research is in Jalan Kaliurang km 5 No.14 Gg. Grompol Sleman
Yogyakarta. The result of its research is creative strategy of “Endank Soekamti”
which use Branding on their car which is used Official Merchandise in order to
reach the easiest access and creative purchasing for “Kamtis Family”. “Endank
Soekamti” also arrange a gathering and sayembara that involve their fans that can
build emotional propinquity between their fans and the personnel. The creative
marketing communications strategy that is used by “Endank Soekamti” is
advertising, personal selling, sales promotion, publicity and public relations dan
direct marketing that is helped by promotion and sharing on media online.
Communication strategy that is carried out has a purpose to communicate what will
be developed in marketing or marketing mix that can complete each other.
Marketing mix includes the theory Kotler which is called as 4P, product, price,
place, and promotion. Those four elements are interrelated each other. The four
elements is also in marketing communication that is used by “Endank Soekamti”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 02:16 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 02:16 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |