VERDIAN, ROBBY (2012) STRATEGI KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN OFFICIAL MERCHANDISE GRUP MUSIK “ENDANK SOEKAMTI” (Studi Deskriptif Komunikasi Pemasaran Official Merchandise Grup Musik “Endank Soekamti” Dalam Membangun Hubungan Dengan Penggemar Dan Menjaga Eksistensi Di Belantika Musik Indonesia). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
ROBBY VERDIAN-HALAMAN PERSETUJUAN FIX.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Inovasi kreatif dan interaksi dengan penggemar sangat dibutuhkan grup musik agar dapat terus eksis di industri musik. Penulis memilih judul penelitian ini karena saat ini pendapatan dari grup musik tidak hanya melalui jadwal tampil, cd album, dan RBT mereka saja, kini mereka bisa mendapatkan pemasukan terbesar melalui penjualan Official Merchandise, pemasukan dari Official Merchandise tersebut dapat menghidupi grup musik untuk berkarya dan tetap eksis di belantika musik Indonesia dengan pembuatan album, video klip, rekaman, membeli alat-alat musik terbaru yang lebih canggih dan menggaji crew. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk menganalisis bagaimana strategi kreatif komunikasi pemasaran Official Merchandise yang digunakan grup musik “Endank Soekamti” dan faktor kedekatan emosional antara penggemar dengan personil serta faktor pendukung dan hambatannya. Penulis meneliti strategi kreatif komunikasi pemasaran Official Merchandise grup musik “Endank Soekamti” menggunakan penelitian kualitatif. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Objek yang diteliti adalah data-data mengenai strategi kreatif yang digunakan grup musik “Endank Soekamti” terhadap penjualan Official Merchandisenya. Tempat yang menjadi objek penelitian berlokasi di Jl. Kaliurang km 5 No. 14 Gg. Grompol Sleman Yogyakarta. Hasil penelitiannya adalah strategi kreatif dari grup musik "Endank Soekamti” dengan menggunakan branding pada mobil yang digunakan Official Merchandise demi kemudahan akses dan pembelian bagi “Kamtis Family” terbilang sangat kreatif. Ditambah lagi dengan adanya gathering dan sayembara dari “Endank Soekamti” yang selalu melibatkan penggemarnya yang membangun faktor kedekatan emosional antara penggemar dan grup musik “Endank Soekamti”. Strategi kreatif komunikasi pemasaran yang digunakan oleh grup musik “Endank Soekamti” yaitu advertising, personal selling, sales promotion, publicity and public relations dan direct marketing serta di bantu oleh promosi dan sharing pada media online yang sangat aktif. Strategi komunikasi yang dijalankan dimaksudkan untuk mengkomunikasikan apa yang dikembangkan melalui bauran pemasaran atau Marketing mix yang dapat saling melengkapi keberadaannya. Marketing mix mencangkup tentang teori yang diungkap Kotler yaitu 4P, yaitu product, price, place dan promotion. Ke empat elemen tersebut saling berkaitan dan terdapat didalam komunikasi pemasaran yang digunakan oleh grup musik “Endank Soekamti”. Innovation, creativity, and interaction with fans is needed for a music group in order to be exist in music industry. The writer choose the title of this research because nowadays the income of music group can be earned not only from upcoming show, CD albums, and Ring Back Tone, now they can earn their income from Official Merchandise turnover, the income that is earned from Official Merchandise turnover can help the music group to keep being exist in Indonesian Music Industry. By using the income from Official Merchandise turnover, they can create their albums, video clips, recording, and buying a new sophisticated music instrumental, and hiring their crew. The purpose of this research is to analyze how creative marketing communications strategy, Official Merchandise, used by “Endank Soekamti” and the factor of emotional propinquity between the fans and the personnel and also the supporting and obstruction factor. Writer research the creative marketing communications strategy, Official Merchandise of “Endank Soekamti” by using qualitative research. The method of its research is descriptive method. The object that is researched is data about creative strategy which is used by “Endank Soekamti” in their Official Merchandise turnover. Place that is being an object of the research is in Jalan Kaliurang km 5 No.14 Gg. Grompol Sleman Yogyakarta. The result of its research is creative strategy of “Endank Soekamti” which use Branding on their car which is used Official Merchandise in order to reach the easiest access and creative purchasing for “Kamtis Family”. “Endank Soekamti” also arrange a gathering and sayembara that involve their fans that can build emotional propinquity between their fans and the personnel. The creative marketing communications strategy that is used by “Endank Soekamti” is advertising, personal selling, sales promotion, publicity and public relations dan direct marketing that is helped by promotion and sharing on media online. Communication strategy that is carried out has a purpose to communicate what will be developed in marketing or marketing mix that can complete each other. Marketing mix includes the theory Kotler which is called as 4P, product, price, place, and promotion. Those four elements are interrelated each other. The four elements is also in marketing communication that is used by “Endank Soekamti”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 02:16 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 02:16 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9103 |
Actions (login required)
View Item |