VITRA FAUZI SYAWESTU, ZUNIF (2012) ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI PRODUK KOPI KAPAL API DALAM IKLAN VERSI “SECANGKIR SEMANGAT” PADA MEDIA TELEVISI. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Iklan mempunyai pengertian pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan
kepada masyarakat lewat suatu media. Iklan pada umumnya mengandung isi yang
dibangun dengan banyak tanda (sign). Sebagian tayangan iklan tidak hanya
menawarkan produk tetapi juga melekatkan nilai-nilai budaya. Mendasarkan hal
tersebut maka penelitian ingin mengambil judul “Analisis Semiotika Representasi
Produk Kopi Kapal Api dalam iklan versi “Secangkir Semangat” untuk Indonesia.
Kopi Kapal Api sebagai salah satu produsen kopi terbesar di Indonesia menempatkan
keragaman budaya yang dimiliki bangsa ini di dalam iklan dengan tema “Secangkir
Semangat” untuk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda
(sign) yang digunakan iklan Kopi Kapal Api versi “Secangkir Semangat” pada media
televisi. Serta memperoleh penjelasan representasi isi pesan iklan televisi Kopi Kapal
Api versi secangkir semangat pada media televisi metode penelitian yang digunakan
adalah Interpretatif Kualitatif, yaitu memganalisis, mengiterpretasikan, dan
mengajukan fakta secara sistematik dengan pendekatan analisis semiotika Ferdinand
De Saussure. Teknik pengumpulan data : (1) Analisis Teks Media, (2) Wawancara,
dan (3) Studi Kepustakaan. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan
proses yang meliputi, reduksi data, membedah objek, menafsirkan arti tanda-tanda,
dan penyajian data. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan empat makna semangat
social antara lain semangat untuk selaras dengan alam, semangat untuk menjaga
budaya agar lestari, semangat menjadi bangsa yang percaya diri untuk terus maju,
semangat mengejar luhurnya cita-cita bangsa Indonesia yang menunjukan bahwa
dalam iklan Kopi Kapal Api versi “secangkir Semangat” ini mempunyai makna pesan
untuk menekankan rasa semangat pada segenap lapisan dalam menyebarkan
semangat positif untuk Bangsa Indonesia. Melihat perkembangan industri iklan saat
ini diharapkan agar para biro iklan untuk lebih banyak memproduksi iklan yang
memberi motivasi khalayak terutama yang mengekspose nilai-nilai sosial.
Advertising has a sense messages that offer a product aimed at society through the
media. Advertising in general contain content that is built with lots of signs (sign).
Some ad impressions not only offer products but also embed cultural values. Basing
that the study would like to take the title "Semiotics Analysis Representation Kopi
Kapal Api Products in the ad version of "Secangkir Semangat” for Indonesia. Kopi
Kapal Api as one of the largest coffee producer in Indonesia puts cultural diversity
held this nation in the ads with the theme "Secangkir Semangat" for Indonesia. This
study aims to determine the signs (sign) used advertisements Kopi Kapal Api version
of "Secangkir Semangat" in the television medium. And obtain a description of the
contents of the message representation television commercials Kopi Kapal Api
version of secangkir semangat in the television media research methods used were
Interpretative Qualitative, namely analyze, interpret, and apply the facts of systematic
approach Ferdinand De Saussure's semiotic analysis. Data collection techniques: (1)
Analysis of Text Media, (2) interviews, and (3) Study of Literature. The process of
data analysis in this study using a process that includes, data reduction, object dissect,
interpret the meaning of the signs, and presentation of data. In this study, researchers
found four of meaning among other social spirit to spirit in harmony with nature,
passion for the preservation of culture for sustainable, the spirit of a people who
believe themselves to go ahead, the spirit of pursuing ceremony ideals of Indonesia
which shows that the Kopi Kapal Api ad version of "Secangkir Semangat" has a
meaning of the message to emphasize a sense of spirit at all levels in a positive spirit
spread to the Indonesian nation. Seeing the development of the advertising industry is
currently expected that the advertising agency to produce more ads to motivate the
audience especially that expose social values.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 06:41 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 06:41 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |