PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Kids Fun Parcs Yogyakarta)

SATRIO, GAUNG (2012) PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Kids Fun Parcs Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran jasa meliputi
produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, layanan pelanggan dan bukti fisik terhadap
keputusan pembelian. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatory. Populasi yang diteliti
adalah pelanggan atau pengunjung Kids Fun Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan teknik systematic random sampling dengan menggunakan sampel 60 responden.
Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.
Alat analisis yang digunakan adalah analisis statistik diskriptif dan analisis inferensial
dengan regresi berganda. Dengan uji t dan uji F untuk menguji hipotesis baik secara parsial
maupun simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran
pemasaran jasa meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, layanan pelanggan dan
bukti fisik terhadap keputusan pembelian dengan F diperoleh Fhitung sebesar 37,963 dengan
probabilitas sebesar 0,000. Karena Sig Fhitung < 0,05 (0,000<0,05, besarnya koefisien determinasi
(adj.R2) = 0,834 yang menunjukkan variabel bebas secara simultan mempengaruhi variabel tidak
bebas sebesar 83,4%. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara produk dengan
keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 2,306 dan p value sebesar 0,025 yang berarti
0,025<0,05. terdapat pengaruh yang signifikan antara harga dengan keputusan pembelian dengan
nilai thitung sebesar 2,780 dan p value sebesar 0,008 yang berarti 0,008<0,05.terdapat pengaruh
yang signifikan antara tempat dengan keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 2,196 dan
p value sebesar 0,033 yang berarti 0,033<0,05.terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi
dengan keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,284 dan p value sebesar 0,002 yang
berarti 0,002<0,05.terdapat pengaruh yang signifikan antara orang dengan keputusan pembelian
dengan nilai thitung sebesar 2,596 dan p value sebesar 0,012 yang berarti 0,012<0,05 terdapat
pengaruh yang signifikan antara proses dengan keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar
2,702 dan p value sebesar 0,009 yang berarti 0,009<0,05.terdapat pengaruh yang signifikan
antara bukti fisik dengan keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 2,855 dan p value
sebesar 0,006 yang berarti 0,006<0,05. ada satu variabel yang tidak perngaruh terhdap kepusan
pembelian yaitu variabel Pelayanan Pelanggan nilai thitung sebesar 1,905 dan p value sebesar
0,062 yang berarti 0,062>0,05.
Berdasarkan hasil penelitian maka yang harus diperhatikan adalah variabel pelayanan
pelanggan, sedangkan variabel yang perlu dipertahankan adalah variabel promosi

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 18 Nov 2016 04:33
Last Modified: 18 Nov 2016 04:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9064

Actions (login required)

View Item View Item