PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TAS SOPHIE MARTIN (Studi pada konsumen Sophie Martin di outlet Galeria Mall Lantai 1 Yogyakarta)

Septiditia, Aminah (2012) PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TAS SOPHIE MARTIN (Studi pada konsumen Sophie Martin di outlet Galeria Mall Lantai 1 Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh Faktor
Psikologis: Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Sikap dan Keyakinan Terhadap
Keputusan Pembelian Tas Sophie Martin di Outlet Galeria Mall lantai 1
Yogyakarta baik secara simultan maupun parsial dan pengaruh manakah yang
lebih dominan dari faktor psikologis terhadap keputusan pembelian. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis: Motivasi,
Persepsi, Pembelajaran, Sikap dan Keyakinan terhadap keputusan pembelian
tas Sophie Martin baik secara simultan atau parsial dan mengetahui faktor
dominan dari faktor psikologi terhadap keputusan pembelian.
Penelitian mengambil lokasi di Outlet Sophie Martin Galeria Mall
Lantai 1 yang berada di Jalan Jenderal Sudirman 99–101 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatory sedangkan
pengambilan sampel menggunakan Sistematic Random Sampling berdasarkan
jeda waktu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket. Populasi
dalam penelitian ini adalah konsumen Sophie Martin yang membeli tas di
Outlet Sophie Martin Galeria Mall Lantai 1 Yogyakarta dengan sampel
sebanyak 102 responden. Penelitian ini menggunakan analisis deskripstif dan
inferensial.
Hipotesis yang diajukan oleh penulis adalah: ada pengaruh yang
signifikan antara faktor psikologis yaitu Motivasi (X1), Persepsi (X2),
Pembelajaran (X3), Sikap dan Keyakinan (X4) secara simultan terhadap
keputusan pembelian (Y), ada pengaruh yang signifikan antara faktor
psikologis yaitu Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Sikap dan Keyakinan secara
parsial terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh yang signifikan antara
Sikap dan Keyakinan secara parsial terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil analisis data degan SPSS, menunjukkan bahwa Fhitug
=19.077 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 menjelaskan bahwa, ada
pengaruh yang signifikan dari faktor psikologis yaitu motivasi, persepsi,
pembelajaran, sikap dan keyakinan secara simultan terhadap keputusan
pembelian. Sedangkan secara parsial thitung variabel motivasi = 2,643 dan nilai
signifikansi t sebesar 0,010, thitung variabel persepsi = 2,278 dan nilai
signifikansi t 0,025, thitung variabel pembelajaran = 2,042 dan nilai signifikansi t
0,044, yang terakhir thitung variabel keyakinan dan sikap = 3,041 dan nilai
signifikansi t 0,003
Saran yang bisa diberikan kepada pihak Sophie Martin di outlet Galeria
Mall terhadap produk tas terkait dengan penelitian ini adalah lebih
memperhatikan masalah kualitas, keunggulan, serta kesesuaian dengan standar
mutu produk karena berdasarkan penelitian, sikap dan keyakinan merupakan
variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan tidak lupa
pula untuk tetap memperhatikan faktor motivasi, persepsi dan pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 18 Nov 2016 04:22
Last Modified: 18 Nov 2016 04:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9061

Actions (login required)

View Item View Item