PRISCILLA, CLAUDYA (2014) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN SENGKETA LAHAN GOA PINDUL DI SURAT KABAR HARIAN (SKH) KEDAULATAN RAKYAT. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
a.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Pada bulan Februari 2013 terjadi kasus sengketa lahan di Goa Pindul. Banyak media yang memberitakan tentang kasus tersebut, salah satunya SKH Kedaulatan Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian sengketa lahan di Goa Pindul pada SKH Kedaulatan Rakyat. Berita yang diteliti terdiri dari 5 berita dengan topik konflik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing milik Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Teknik dibagi dalam empat perangkat framing, yaitu sintaksis yang berfungsi untuk menganalisis bagaimana cara wartawan dalam menyusun fakta. Skrip yang berfungsi untuk menganalisis bagaimana cara wartawan mengisahkan fakta sesuai dengan 5W + 1H. Tematik yang berfungsi untuk menganalisis cara wartawan menulis sesuatu fakta dan retoris yang berfungsi untuk menganalisis bagaimana cara wartawan menekankan suatu fakta dengan memakai pilihan kata, grafik dan gambar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa frame dalam berita SKH Kedaulatan Rakyat cenderung lebih memihak kepada 3 pengelola Goa Pindul dan Pemkab Gunungkidul. SKH Kedaulatan Rakyat menggunakan pemilihan kata yang cenderung memojokan pihak Atiek Damayanti. Hal ini dilakukan oleh SKH Kedaulatan Rakyat agar dapat mempengaruhi opini dari khalayak pembaca. Kesimpulan dari penelitian ini, SKH Kedaulatan Rakyat mengkonstruksi pemberitaan mengenai sengketa lahan di Goa Pindul dengan tujuan agar khalayak pembaca memiliki opini yang sama dengan SKH Kedaulatan Rakyat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 03:15 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 03:15 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9037 |
Actions (login required)
View Item |