PENGARUH TERPAAN IKLAN POLITIK PEMILU DI TELEVISI TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DALAM PEMILU PRESIDEN 2014 DI DESA BANGUNTAPAN , KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL

NURHIDAYANTO, TAUFIQ (2014) PENGARUH TERPAAN IKLAN POLITIK PEMILU DI TELEVISI TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DALAM PEMILU PRESIDEN 2014 DI DESA BANGUNTAPAN , KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
a.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Iklan politik yang dilakukan melalui media masa merupakan kegiatan iklan yang memerlukan biaya yang tinggi. Oleh karena itu, keberhasilan iklan politik untuk mempengaruhi sikap pemilih pemula sebagai audiens merupakan fenomena memiliki peran strategis bagi calon presiden yang bersangkutan. Mengingat iklan politik memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi sikap pemilih pemula sebagai audiens, dan juga memiliki peran penting dalam memenangkan Pemilu; maka perlu dilakukan kajian empiris mengenai pengaruh terpaan iklan politik pemilu di media masa terhadap partisipasi pemilih pemula dalam pemilu Presiden 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh terpaan iklan politik pemilu di televisi terhadap partisipasi politik pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilu presiden 2014 di Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Metode penelitian menggunakan metode survey. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanative research. Penelitian dilakukan di Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pemilih pemula di Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul berdasarkan data dari panitia pemungutan suara desa Banguntapan berjumlah 222 orang. Sampel penelitian berjumlah 70 orang. Sampel yang akan diambil menggunakan teknik simple ramdom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan regresi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat terpaan iklan politik pemilu di televisi pada pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilu Presiden 2014 di Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul termasuk dalam kategori sedang. Tingkat partisipasi politik pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilu Presiden 2014 di Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul termasuk dalam kategori rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada pengaruh terpaan iklan politik pemilu di televisi terhadap partisipasi politik pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilu Presiden 2014 di Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Apabila pengaruh iklan politik meningkat maka partisipasi politik juga akan semakin meningkat, namun apabila pengaruh iklan politik menurun maka partisipasi politik juga akan semakin menurun. Kata kunci: terpaan iklan politik pemilu di televisi, partisipasi politik pemilih pemula, pemilu presiden 2014.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:08
Last Modified: 18 Nov 2016 03:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9033

Actions (login required)

View Item View Item