PENGARUH TERPAAN IKLAN POLITIK PEMILU DI TELEVISI TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DALAM PEMILU PRESIDEN 2014 DI DESA BANGUNTAPAN , KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL

NURHIDAYANTO, TAUFIQ (2014) PENGARUH TERPAAN IKLAN POLITIK PEMILU DI TELEVISI TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DALAM PEMILU PRESIDEN 2014 DI DESA BANGUNTAPAN , KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of a.pdf]
Preview
Text
a.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Iklan politik yang dilakukan melalui media masa merupakan kegiatan iklan yang memerlukan biaya
yang tinggi. Oleh karena itu, keberhasilan iklan politik untuk mempengaruhi sikap pemilih pemula
sebagai audiens merupakan fenomena memiliki peran strategis bagi calon presiden yang
bersangkutan. Mengingat iklan politik memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi
sikap pemilih pemula sebagai audiens, dan juga memiliki peran penting dalam memenangkan
Pemilu; maka perlu dilakukan kajian empiris mengenai pengaruh terpaan iklan politik pemilu di
media masa terhadap partisipasi pemilih pemula dalam pemilu Presiden 2014. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh terpaan iklan politik pemilu di televisi terhadap
partisipasi politik pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilu presiden 2014 di Desa Banguntapan,
Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Metode penelitian menggunakan metode survey. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanative research. Penelitian dilakukan di
Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah seluruh pemilih pemula di Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan,
Kabupaten Bantul berdasarkan data dari panitia pemungutan suara desa Banguntapan berjumlah
222 orang. Sampel penelitian berjumlah 70 orang. Sampel yang akan diambil menggunakan teknik
simple ramdom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data dalam
penelitian ini menggunakan regresi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian,
dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat terpaan iklan politik pemilu di televisi pada pemilih pemula
dalam pelaksanaan pemilu Presiden 2014 di Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan, Kabupaten
Bantul termasuk dalam kategori sedang. Tingkat partisipasi politik pemilih pemula dalam
pelaksanaan pemilu Presiden 2014 di Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan, Kabupaten
Bantul termasuk dalam kategori rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada pengaruh
terpaan iklan politik pemilu di televisi terhadap partisipasi politik pemilih pemula dalam pelaksanaan
pemilu Presiden 2014 di Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Apabila
pengaruh iklan politik meningkat maka partisipasi politik juga akan semakin meningkat, namun
apabila pengaruh iklan politik menurun maka partisipasi politik juga akan semakin menurun. Kata
kunci: terpaan iklan politik pemilu di televisi, partisipasi politik pemilih pemula, pemilu presiden
2014.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:08
Last Modified: 18 Nov 2016 03:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9033

Actions (login required)

View Item View Item