PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI KAMERA DSLR CANON EOS 650D TERHADAP MINAT BELI PADA KOMUNITAS FORKOM YOGYAKARTA (Studi Pada Komunitas FORKOM Yogyakarta)

Gunawan, Pilipus Sri (2013) PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI KAMERA DSLR CANON EOS 650D TERHADAP MINAT BELI PADA KOMUNITAS FORKOM YOGYAKARTA (Studi Pada Komunitas FORKOM Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Periklanan merupakan suatu kegiatan yang pada intinya hendak memperkenalkan produk kepada khalayak dan menjual produk di khalayak.Banyak sekali media-media periklanan yang sering dijumpai, salah satunya dalah televisi.Televisi merupakan alat penyiaran yang kini sudah sangat sering dijumpai di masyarakat.Iklan yang ditayangkan di televisi secara tidak sadar mampu mempengaruhi untuk melakukan pembelian. Produk kamera yang diiklankan di televisi salah satunya adalah Canon EOS 650D, Canon EOS 650D merupakan kamera DSLR yang sangat mudah pengoperasiannya dan membuat konsumen memilikinya dan membuat niat untuk membentuk suatu komunitas penggemar Fotografi yaitu FORKOM Yogyakarta. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan terpaan iklan kamera DSLR Canon EOS 650D di televisi terhadap Minat beli di komunitas FORKOM Yogyakarta yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan kamera DSLR Canon EOS 650D di televisi terhadap keputusan membeli di komunitas FORKOM Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Teori Jarum hipodermik dan Model AIDDA yang keduanya sama-sama membahas efek yang ditimbulkan oleh tayangan iklan di televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, data diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada objek penelitian. Hasil penelitian yang menyatakan r sebesar 0,423 yang menyatakan terdapat hubungan yang searah antara variabel X dengan variabel Y, menandakan bahwa terpaan iklan mempunyai peran. Keeratan hubungan termasuk dalam kategori sedang karena ≥ 0,40 → < 0,70. Terpaan iklan mempunyai pengaruh sebesar 0,179 atau 17,9%, dan hipotesis menyatakan bahwa “Terpaan Iklan kamera DSLR Canon EOS 650D di Televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli pada komunitas FORKOM Yogyakarta”dikarenakan pada taraf signifikansi 0.05 dengan derajat kebebasan df (n-k-1) diperoleh ttabel sebesar 2.472, thitung diperoleh sebesar 2.028. Dengan demikian thitung lebih kecil dari ttabel, thitung<ttabel ; 2.028 < 2.472, maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Nov 2016 02:53
Last Modified: 18 Nov 2016 02:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9029

Actions (login required)

View Item View Item