Arumsari Mahardhika, Shinta (2013) ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ROKOK DJARUM SUPER (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
abtrak 2.pdf Download (27kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh yang signifikan dari citra merek (brand image) dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk rokok Djarum Super. 2) pengaruh yang signifikan dari citra merek (brand image) dan kualitas produk secara parsial terhadap kepuasan konsumen produk rokok Djarum Super. 3) pengaruh yang signifikan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen produk rokok Djarum Super Variabel penelitian ini terdiri dari yaitu brand image, kualitas produk, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Obyek penelitian yang diambil adalah konsumen rokok Djarum Super pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN FISIP “Veteran” Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Populasinya adalah seluruh Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta yang mengkonsumisi rokok yang berjumlah 70 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah metode Simple random sampling yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Berdasarkan teknik ini, diperoleh sampel penelitian sejumlah 41 mahasiswa. Analisis data penelitian meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik regresi berganda dan sederhana beserta pengujian asumsi klasik sebelum dilakukan analisis data. Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh brand image, kualitas produk, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh hasil Z = -0,407 + 0,427 X1+ 0,571 X2, , dengan uji F diperoleh Fhitung sebesar 27,229 dengan sig F sebesar 0,000, karena Fhitung >F tabel maka dapat disimpulkan hipotesis 1 ada pengaruh signifikan variabel brand image, dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan konsumen dengan besarnya koefisien determinasi (R2 square) 0,589 dapat diartikan bahwa 58,9% kepuasan konsumen pada konsumen rokok Djarum Super dipengaruhi oleh kedua variabel yang terdiri dari brand image, kualitas produk. Hipotesis 2 terdapat nilai thitung sebesar 2,071 dan p value sebesar 0,045 yang berarti 0,045<0,05 dan disimpulkan bahwa ada pengaruh secara parsial variabel brand image, dan kualitas produk terhadap kepuasan dengan besarnya koefisien determinasi (R2 square) 0,767 dapat diartikan bahwa setiap terjadi peningkatan pada brand image dan kualitas produk maka kepoasan konsumen akan semakin meningkat. Regresi linear sederhana diperoleh hasil Y = 0,084 + 0,971Z. dengan uji t diperoleh thitung sebesar 9,987 dan p value sebesar 0,000 yang berarti 9,987>0,000, karena thitung > p value maka dapat disimpulkan hipotesis 3 ada pengaruh yang signifikan dari variabel kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dengan besarnya koefisien determinasi (R2 square) 0,719 dapat diartikan bahwa 71,9% loyalitas konsumen pada konsumen rokok Djarum Super dipengaruhi oleh variabel kepuasan konsumen. Kata Kunci : Brand Image, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 08:17 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 08:17 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8994 |
Actions (login required)
View Item |