ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ROKOK DJARUM SUPER (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta)

Arumsari Mahardhika, Shinta (2013) ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ROKOK DJARUM SUPER (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of abtrak 2.pdf]
Preview
Text
abtrak 2.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh yang signifikan dari citra merek
(brand image) dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk rokok
Djarum Super. 2) pengaruh yang signifikan dari citra merek (brand image) dan kualitas produk secara
parsial terhadap kepuasan konsumen produk rokok Djarum Super. 3) pengaruh yang signifikan
kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen produk rokok Djarum Super
Variabel penelitian ini terdiri dari yaitu brand image, kualitas produk, kepuasan konsumen
dan loyalitas konsumen. Obyek penelitian yang diambil adalah konsumen rokok Djarum Super pada
Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN FISIP “Veteran” Yogyakarta. Sumber data
dalam penelitian ini adalah data primer. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Populasinya adalah seluruh
Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta yang mengkonsumisi rokok yang
berjumlah 70 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah metode Simple random sampling
yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang
ada dalam populasi. Berdasarkan teknik ini, diperoleh sampel penelitian sejumlah 41 mahasiswa.
Analisis data penelitian meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik regresi
berganda dan sederhana beserta pengujian asumsi klasik sebelum dilakukan analisis data.
Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh brand image, kualitas produk, kepuasan
konsumen dan loyalitas konsumen. Hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh hasil Z =
-0,407 + 0,427 X1+ 0,571 X2, , dengan uji F diperoleh Fhitung sebesar 27,229 dengan sig F sebesar 0,000,
karena Fhitung >F tabel maka dapat disimpulkan hipotesis 1 ada pengaruh signifikan variabel brand image,
dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan konsumen dengan besarnya koefisien
determinasi (R2 square) 0,589 dapat diartikan bahwa 58,9% kepuasan konsumen pada konsumen
rokok Djarum Super dipengaruhi oleh kedua variabel yang terdiri dari brand image, kualitas produk.
Hipotesis 2 terdapat nilai thitung sebesar 2,071 dan p value sebesar 0,045 yang berarti 0,045<0,05 dan
disimpulkan bahwa ada pengaruh secara parsial variabel brand image, dan kualitas produk terhadap
kepuasan dengan besarnya koefisien determinasi (R2 square) 0,767 dapat diartikan bahwa setiap
terjadi peningkatan pada brand image dan kualitas produk maka kepoasan konsumen akan semakin
meningkat. Regresi linear sederhana diperoleh hasil Y = 0,084 + 0,971Z. dengan uji t diperoleh thitung
sebesar 9,987 dan p value sebesar 0,000 yang berarti 9,987>0,000, karena thitung > p value maka dapat
disimpulkan hipotesis 3 ada pengaruh yang signifikan dari variabel kepuasan konsumen terhadap
loyalitas konsumen dengan besarnya koefisien determinasi (R2 square) 0,719 dapat diartikan bahwa
71,9% loyalitas konsumen pada konsumen rokok Djarum Super dipengaruhi oleh variabel kepuasan
konsumen.
Kata Kunci : Brand Image, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:17
Last Modified: 17 Nov 2016 08:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8994

Actions (login required)

View Item View Item