POLA KOMUNIKASI VIRTUAL DALAM GAME ONLINE DRAGON NEST INDONESIA (Studi Deskriptif terhadap Komunitas Pemain Game Online “Dragon Nest Indonesia” Daywalker di Gamenet Nitro)

KENNY K, FRISCA (2013) POLA KOMUNIKASI VIRTUAL DALAM GAME ONLINE DRAGON NEST INDONESIA (Studi Deskriptif terhadap Komunitas Pemain Game Online “Dragon Nest Indonesia” Daywalker di Gamenet Nitro). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan munculnya perkembangan dunia
permainan, salah satunya adalah Game Online. Dalam penelitian ini Pola
Komunikasi virtual yang terjadi di antara para gamers menjadi sangat penting.
Penulis memilih Game Dragon Nest Indonesia sebagai objek game yang akan
diteliti karena Game Dragon Nest Indonesia merupakan salah satu Game Online
yang paling diminati. Sehingga, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana pola
komunikasi virtual yang dilakukan antar gamers dalam sebuah Game online.
Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini.
Hasil penelitian dianalisis berdasarkan pemikiran mengenai konsep Pola
Komunikasi dan dihubungkan dengan Konsep Computer-Mediated
Communication dan Coordinated Management of Meaning untuk mengetahui
bagaimana pola komunikasi virtual yang dilakukan oleh para gamer dalam Game
online. Semua data tersebut sebelumnya dikonfirmasikan dengan pihak-pihak
yang berhubungan dalam penelitian ini melalui teknik validitas data triangulasi
sumber. Berdasarkan Teori Computer-Mediated Communication (CMC) dan
Coordinated Management of Meaning (CMM) yang penulis gunakan sebagai
pijakan dalam penelitian ini bahwa komunikasi yang berlangsung antar gamers
dalam permainan Game Online Dragon Nest Indonesia memiliki dua pola yang
berbeda. Pola yang pertama lebih kepada Pola Komunikasi antarpersonal.
Interaksi yang tercipta dalam komunikasi antarpersonal lebih bertujuan untuk
melakukan transaksi jual beli dan pemecahan konflik antar gamers. Sedangkan,
pola komunikasi yang kedua adalah Pola Komunikasi Kelompok, di mana
pemanfaatan komunikasi lebih kepada koordinasi tim, menjalin pertemanan dan
mencari informasi antar gamers dalam game online tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:02
Last Modified: 17 Nov 2016 07:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8973

Actions (login required)

View Item View Item