Kurniawan, Aldilla (2014) SITUS MEDIA SOSIAL DAN AKUN – AKUN ANONIM (Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Akun @Triomacan2000 Dalam Menarik Perhatian Publik). Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.
|
Text
Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Twitter merupakan daya tarik lahirnya sebuah akun anonim, karena dengan munculnya sebuah akun anonim, seseorang dapat berbicara dengan bebas seperti menggunakan topeng, dan dengan suara yang dapat terdengar namun wajah tidak terlihat. Twitter merupakan media sosial favorit yang digunakan sebagai media aktualisasi diri dan berbagai macam – macam informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemanfaatan media sosial twitter sebagai strategi komunikasi akun @Triomacan2000 dalam menarik perhatian publik di media sosial twitter. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menggambarkan situasi proses pemanfaatan media sosial sebagai salah satu strategi komunikasi dalam menarik perhatian publik. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Kemudian peneliti mengintepretasikan data yang dilakukan pada periode Oktober 2013 dilihat dari berbagai kategori isu yang dibahas. Hasil penelitian ini menunjukkan intesitas twitter @Triomacan2000 dalam konteks menyampaikan sebuah isu kepada publik yang berkaitan dengan isu politik, korupsi, dan pemerintah. Contoh isu yang dibahas akun @Tromacan2000 mengenai aksi Jokowi dalam membersihkan jalanan Jakarta dari Topeng Monyet, membahas mengenai BJ Habibie sebagai Presiden Terbaik Indonesia versi @Triomacan2000, dan Bunda Putri dalam kasus suap impor daging. Kultweet yang diangkat oleh akun @Triomacan2000 mendapat banyak respon dari publik, ada yang tidak menyetujui, ada yang setuju, dengan sifat media sosial twitter yang bebas, publik dengan mudah menghujat tokoh masyarakat dengan gampang dan jelas. Simpulan dari penelitian ini dapat dilihat dari penggunaan atau pemanfaatan media sosial twitter oleh akun @Triomacan2000 dalam menarik perhatian publik dengan menyebarkan sebuah isu yang bertentangan dengan pandangan – pandangan umum. Bahkan @Triomacan2000 tidak segan untuk menulis akun twitter lawan politik yang disinggung untuk memberikan sebuah informasi yang terkait. Selain itu pemanfaatan penggunaan akun twitter yang menunjukkan secara konkret mengenai strategi komunikasi untuk mempengaruhi publik dalam konteks memerangi ketidakjujuran politik di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Mr Suninto Prabowo |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 06:56 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 06:56 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8965 |
Actions (login required)
View Item |