STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSIC MERCHANDISE DI DEMAJORS DIY DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

PRAPASKA, YOHANES KRISNA (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSIC MERCHANDISE DI DEMAJORS DIY DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Beberapa tahun ini industri musik Indonesia terutama geliat dari para musisi independen kembali muncul. Music merchandise bisa membuat para musisi tetap hidup di tengah pembajakan yang semakin besar. Semuanya berawal dari musisi di kota-kota besar semisal Jakarta dan Bandung yang sukses dan bisa bertahan dengan pemasukan tambahan dari music merchandise. Musisi dan pebisnis di kota-kota lain melihat ini sebagai peluang yang cukup bagus. Hal ini mulai terlihat di Yogyakarta dengan banyakya distro atau toko yang khusus menjual music merchandise. Demajors DIY menjadi salah satu toko music merchandise yang ada di Yogyakarta dan terletak di dalam komplek Jogja Nasional Museum Yogyakarta. Demajors DIY mempunyai tujuan untuk mengembangkan usahanya dan sekaligus merangkul pihak-pihak yang sepaham didalam bisnis music merchandise di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji tentang strategi komunikasi pemasaran Demajors DIY dalam meningkatkan penjualan. Dalam hal ini kaitannya dengan bagaimana para musisi bisa hidup melalui penjualan music merchandise jika dikelola dengan strategi komunikasi pemasaran yang baik dan tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta hasil dari strategi komunikasi pemasaran Demajors DIY. Metode penelitian yang digunakan, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dari dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Dari hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Demajors DIY yang berbentuk promosi penjualan, periklanan, publisitas, personal selling, dan promosi secara online memberi dampak positif bagi Demajors DIY terbukti dengan adanya peningkatan penjualan music merchandise. Pesan utama yang disampaikan Demajors DIY lebih bersifat persuasif. Hubungan baik yang dijalin dengan musisi dan reseller music merchandise di Yogyakarta, sangat membantu Demajors DIY dalam berkembang menjadi salah satu toko music merchandise terlengkap di Yogyakarta. Kata kunci: Komunikasi, Pemasaran, Music merchandise, persuasif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 17 Nov 2016 04:24
Last Modified: 17 Nov 2016 04:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8940

Actions (login required)

View Item View Item