PRAPASKA, YOHANES KRISNA (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSIC MERCHANDISE DI DEMAJORS DIY DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Beberapa tahun ini industri musik Indonesia terutama geliat dari para musisi
independen kembali muncul. Music merchandise bisa membuat para musisi tetap
hidup di tengah pembajakan yang semakin besar. Semuanya berawal dari musisi
di kota-kota besar semisal Jakarta dan Bandung yang sukses dan bisa bertahan
dengan pemasukan tambahan dari music merchandise. Musisi dan pebisnis di
kota-kota lain melihat ini sebagai peluang yang cukup bagus. Hal ini mulai
terlihat di Yogyakarta dengan banyakya distro atau toko yang khusus menjual
music merchandise. Demajors DIY menjadi salah satu toko music merchandise
yang ada di Yogyakarta dan terletak di dalam komplek Jogja Nasional Museum
Yogyakarta. Demajors DIY mempunyai tujuan untuk mengembangkan usahanya
dan sekaligus merangkul pihak-pihak yang sepaham didalam bisnis music
merchandise di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji tentang
strategi komunikasi pemasaran Demajors DIY dalam meningkatkan penjualan.
Dalam hal ini kaitannya dengan bagaimana para musisi bisa hidup melalui
penjualan music merchandise jika dikelola dengan strategi komunikasi pemasaran
yang baik dan tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat serta hasil dari strategi komunikasi pemasaran
Demajors DIY. Metode penelitian yang digunakan, penulis menggunakan metode
kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi
dan dari dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Dari hasil dari
penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Demajors
DIY yang berbentuk promosi penjualan, periklanan, publisitas, personal selling,
dan promosi secara online memberi dampak positif bagi Demajors DIY terbukti
dengan adanya peningkatan penjualan music merchandise. Pesan utama yang
disampaikan Demajors DIY lebih bersifat persuasif. Hubungan baik yang dijalin
dengan musisi dan reseller music merchandise di Yogyakarta, sangat membantu
Demajors DIY dalam berkembang menjadi salah satu toko music merchandise
terlengkap di Yogyakarta.
Kata kunci: Komunikasi, Pemasaran, Music merchandise, persuasif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 04:24 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 04:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |