ANALISIS ISI IKLAN BARIS OTOMOTIF PADA KORAN TRIBUN JOGJA PERIODE AGUSTUS 2012

HARDYAN PRATISTA, BANON (2013) ANALISIS ISI IKLAN BARIS OTOMOTIF PADA KORAN TRIBUN JOGJA PERIODE AGUSTUS 2012. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Dunia otomotif sekarang mengalami perkembangan yang cukup pesat,
setiap hari ribuan bahkan jutaan unit kendaraan bermotor memenuhi jalan. Di
samping itu, sekarang ini otomotif seperti mobil bukan lagi sekedar sebagai
kebutuhan pelangkap saja, melainkan sudah sebagai suatu kebutuhan utama bagi
masyarakat. Produsen otomotif berlomba-lomba dan berusaha mengatur strategi
dalam mengimpormasikan produknya. Pemasangan iklan di koran menjadi salah
satu pilihan mereka dalam mengomunikasikan produknya. Berdasarkan hal
tersebut dirumuskan pokok masalahnya yaitu: “Bagaimana isi iklan baris mobil
pada Koran Tribun Jogja periode Agustus 2012?. Penelitian ini menggunakan
metode analisis isi (content analysis) yang pada dasarnya merupakan suatu teknik
sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan atau suatu alat untuk
mengobservasi dan menganalisis isi perilaku komunikasi yang terbuka dari
komunikator terpilih.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa 1) iklan tiga baris lebih dominan dari
yang lebih dari tiga baris pada Koran Tribun, karena pihak pengiklan menghemat
biaya iklan, sebab perhitungan biaya iklan berdasarkan jumlah baris; 2) Aktivitas
terlihat bahwa dominan yang dipakai dalam aktivitas bahasanya adalah BU
(Butuh Uang), karena image konsumen lebih akrab dengan kata-kata BU
dibandingkan kata-kata yang lain seperti Djl Mrh, Djl Cpt dan sebagainya; 3)
Analisis tipe/ merek mobil, mobil Toyota menjadi salah satu mobil produksi
Jepang yang diminati oleh masyarakat dibandingkan mobil produk Eropa. 4)
Analisis warna yang paling banyak ditemukan adalah warna hitam dibandingkan
warna-warna yang lain seperti kuning, merah, putih, dan sebagainya; 5) Unit
analisis harga dalam iklana pada umumnya di atas harga 40 juta sampai kurang
dari 80 juta, meskipun jarak ketiga kategori harga iklan di atas tidak terpaut jauh
yakni antara harga > 40 juta dengan dengan > 80 juta sampai < 150 juta; 6) Dari
analisis tahun perakitan, lebih banyak yang diiklankan tahun perakitan 1980-1999
dibanding dengan harga tahun 2000-2012; 7) Analisis alamat, dapat diketahui
bahwa penyebutan alamat paling sering karena penting; 8) analisis telepon
kecenderungan pengiklan mencantumkan nomor teleponnya; dan 9) Menyebutkan
dealer lengkap dengan jenis-jenis kendaraannya pada umumnya diiklankan oleh
salah satu dealer mobil yang ada di Yogyakarta.

The automotive world is now experiencing fairly rapid growth, every day
thousands and even millions of units of motor vehicles meets the road. In addition,
today's automobile as the car is no longer just a necessity, but has as a major
requirement for the audience. Automakers are competing and trying to set the
strategy in mengimpormasikan products. Advertising in newspapers to be one of
their choices in communicating products. Based on that formulated the basic issue
is: "How can a car ad text in Jogja Tribune newspaper in August 2012 period?.
This study uses content analysis (content analysis) which is basically a systematic
technique for analyzing message content and message processing or a tool for
observing and analyzing the contents of open communication behavior of selected
communicators.
The results of this research note that: 1) ad three more lines than the
more dominant of the three lines in the Tribune newspaper, because the
advertisers save advertising costs, advertising costs because the calculation is
based on the number of lines; 2) Activity is seen that the dominant language used
in the activity is BU (Need Money), because consumers are more familiar with the
image of words BU compared to other words such as DJL MRH, DJL Cpt etc.; 3)
Analysis of the type / brand of car, Toyota car into one of the cars produced in
Japan are much favored by society than European car products. 4) Analysis of the
most common colors are black than other colors such as yellow, red, white, and
so on; 5) Unit price analysis in iklana generally above the price of 40 million to
less than 80 million, although the third distance advertising prices above
categories are not far adrift that between price> 40 million with the> 80 million
to <150 million; 6) From the analysis of the assembly, which is advertised more
in the assembly from 1980 to 1999 compared with prices in 2000-2012; 7)
Analysis of the address, it can be seen that the most frequent mention address
because important; 8) analyzes the tendency of advertisers to include phone
telephone number, and 9) State the complete dealership with the types of vehicles
are generally advertised by one of the car dealerships in Yogyakarta.
Keywords: Fish Line, car, Tribune Newspapers

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 17 Nov 2016 04:22
Last Modified: 17 Nov 2016 04:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8939

Actions (login required)

View Item View Item