STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN REMBANG DALAM MENGEMBANGKAN SEKTOR PARIWISATA

Umaiyah, Machfudhotul (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN REMBANG DALAM MENGEMBANGKAN SEKTOR PARIWISATA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang Dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata”. Dengan mengambil lokasi penelitian di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Rembang untuk mengetahui pengembangan di sektorpariwisata Kabupaten Rembang dengan metode penelitian diskriptif kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Tehnik triangulasi sumber merupakan teknik yang mengarahkan penulis agar dalam pengumpulan data menggunakan beragam sumber data yang tersedia. Strategi komunikasi yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Rembang antara lain: pembangunan sarana informasi, kerjasama antar pihak, strategi komunikasi promosi (pembuatan brosur, pamflet, media internal, media website, pembuatan logo, pengadaan event-event). Hal ini dilakukan untuk menginformasikan keberagaman wisata yang ada di Kabupaten Rembang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa factor lingkjungan internal (kekuatan,kelemahan) yang mempengaruhi strategi pengembangan sector pariwisata kabupaten Rembang antara lain: Rembang mempunyai berbagai macam potensi pariwisata, Dinas Pariwisata kurang optimal di dalam mengembangkan promosi pariwisata, belum ada souvenir yang khas, sarana penunjang kurang memadahi, SDM kurang provisional dalam bidang pariwisata. Factor lingkungan eksternalnya (peluang,ancaman): adalah peningkatan PAD, perekonomian masyarakat meningkat, peluang investasi, persaingan pariwisata, kurangnya kerjasama dengan investor dan kurangnya peran masyarakat dalam sector pariwisata. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemerintah Daera The researchis titled “Communication Strategy of Local Goverment Rembang in Developing the tourism sector”. By taking place of the research in the tourism department office, the writer wanted to know the development in tourism sector wich is carried oud in Rembang areas. The method that Iuse in this research is descriptive qualitative research method using the techniques of data collection through interviews, observation and documentation. Triangulation technique is a technique that leads the writer in order to collect data using a variety of available data sources. Communication strategies that have been implemented include Local Goverment Rembang: the development of Rembang information tools, cooperation among parties, promotional communications strategies (making brochures, flyers, local media, media websites, logo creation, procurement of certain events. This is to inform people that there is a tourist diversity in Rembang). Base on my research, we can take a cloncution that the internal factor which influence the strategy of development sector are: Rembang have a lot of potensial object, Tourism Department of Rembang less than optimal in developing tourism promotion, there’s no a souvenir yet, low support tools and low human resources. The external factor are: improvementsarnings, increasing of people’s economic, investment oppurtunities, tourism competition, lock of cooperation with the investor and lock of people role in the tourism sector. Key words: Communication Strategy of Local Goverment

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 17 Nov 2016 03:20
Last Modified: 17 Nov 2016 03:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8925

Actions (login required)

View Item View Item