STRATEGI MANAJEMEN PENYIARAN JOGJA TV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI STASIUN TELEVISI LOKAL DI YOGYAKARTA

Hadi Dwi Saputra, Ikhwan (2013) STRATEGI MANAJEMEN PENYIARAN JOGJA TV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI STASIUN TELEVISI LOKAL DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Persaingan industri media televisi di Indonesia khususnya di Yogyakarta saat ini kian ketat. Lebih dari 10 televisi nasional dan 3 televisi lokal saling bersaing untuk menarik minat penonton sekaligus bersaing agar keberadaannya tetap eksis. Sebagai stasiun televisi yang sudah berdiri sejak tahun 2004, Jogja TV mempunyai strategi tertentu dalam mempertahankan eksistensinya sebagai stasiun televisi lokal di Yogyakarta di tengah persaingan antar industri televisi yang semakin ketat. Strategi yang dilakukan selain menguatkan muatan lokalnya juga dilakukan strategi untuk menarik minat khalayak dan menarik minat pengiklan Jogja TV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan Jogja TV dalam mempertahankan eksistensinya sebagai stasiun televisi lokal di Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang mencoba untuk menguraikan bagaimana strategi manajemen penyiaran Jogja TV dalam mempertahankan eksistensi, mulai dari mempertahankan konten program acaranya, strategi pemasarannya, hingga mempertahankan pemirsanya. Peneliti melakukan pengamatan langsung pada objek penelitian dengan melakukan wawancara mendalam kepada Manajer Operasional, Penanggung Jawab Program dan News, Humas, kru Jogja TV, serta penonton Jogja TV. Data tersebut dianalisa secara kualitatif, disajikan dalam bentuk uraian dan disusun secara sistematis. Sumber data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumen atau arsip. Data tersebut diuji kebenarannya dengan menggunakan triangulasi data dan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Jogja TV telah melaksanakan pengelolaan berbagai aspek vital dalam sebuah penyiaran dengan baik untuk mempertahankan eksistensi, mulai dari mengelola program acara, mengelola pemasaran, mengelola teknologi dengan baik dan mengelola pemirsa Jogja TV agar tetap eksis sebagai pemirsa Jogja TV. Jogja TV harus tetap berusaha kreatif dan inovatif dalam menyelenggarakan kegiatan penyiaran baik kegiatan on air maupun kegiatan off air agar eksistensi Jogja TV sebagai stasiun televisi lokal tetap terjaga dan semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat. Competition television media industry in Indonesia, especially in Yogyakarta is now tighter. More than 10 national television and 3 local television competing to attract the audience as well as compete for its existence still exist. As a television station that had stood since 2004, Jogja TV has a specific strategy to maintain its existence as a local television station in Yogyakarta in the center of the competition among the television industry is getting tougher. Strategies undertaken in addition to strengthening its local charge also carried out a strategy to attract audiences and attract advertisers Jogja TV. The purpose of this study is to determine the strategy undertaken in Jogja TV maintain its existence as a local television station in Yogyakarta. The method used in this study is the descriptive research method that attempts to describe how Jogja TV broadcasting management strategies to maintain existence, ranging from content to maintain its programs, marketing strategies, to maintain its audience. Researchers conducted direct observation of the object of research by conducting in-depth interviews to the Operations Manager, and Program Responsible News, Public Relations, Jogja TV crews, and spectators Jogja TV. The data is analyzed qualitatively, presented in narrative form and arranged systematically. Data sources consisted of interviews, observations, and documents or archives. The data are verifiable by using triangulation of data and sources. The conclusion from this study is that Jogja TV has been carrying out various aspects of the management of broadcasting vital in a well to maintain its existence, ranging from managing programs, managing marketing, managing technology and managing well Jogja TV viewers that still exist as Jogja TV viewers. Jogja TV should still try to be creative and innovative in both broadcasting conducting activities on the water and off the water activities that the existence of Jogja TV as a local television station to stay awake and getting a place in the hearts of the people.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:23
Last Modified: 17 Nov 2016 02:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8914

Actions (login required)

View Item View Item