ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MEMBELI TIKET SENDRATARI RAMAYANA SERTA KEPUASANNYA (Studi pada PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko)

RURI ARLITA SARI, DERIA (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MEMBELI TIKET SENDRATARI RAMAYANA SERTA KEPUASANNYA (Studi pada PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) faktor-faktor apa yang memepengaruhi masyarakat dalam membeli tiket sendratari ramayana. 2) Bagaimana kepuasan masyarakat setelah melihat Sendratari Ramayana. 3) pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan terhadap kepuasan. Variabel penelitian ini terdiri dari faktor Sosial, kualitas layanan, faktor budaya, keputusan pembelian dan kepuasan konsumen sendratari ramayana pada PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan tipe exploratory. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Populasinya adalah seluruh pengunjung pertunjukan sendratari ramayana. Teknik sampling yang digunakan adalah metode simple random sampling yaitu pengambilan sample anggota populasi diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor, Importance Performance Analysis, Regresi Linear Sederhana. Berdasarkan penelitian ini diperoleh sampel penelitian Analisis Faktor sebanyak 80 Responden dan Importance Performance Analysis, Regresi Linear Sederhana sebanyak 96 Responden. Analisis data penelitian meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan analsis faktor, Importance performance analysis dan teknik regresi sederhana serta uji asumsi klasik sebelum dilakukan penelitian analisis data. Penelitian ini pada tahap pertama menggunakan focus Group Discussion, tahap kedua dengan menggunakan analisis faktor. Tahap ketiga adalah Regresi Linear Sederhana, untuk melihat adanya pengaruh atau tidak faktor yang mempengaruhi keputusan terhadap kepuasan. Berdasarkan hasil FGD (focus Group Discussion) terdapat 20 faktor yang mempengaruhi masyarakat membeli tiket, kemudian dari hasil analisis faktor menunjukkan ada 3 faktor yang mempengaruhi masyarakat membeli tiket sendratari ramayana, yakni faktor sosial, kualitas layanan dan faktor budaya. Berdasarkan importance performance analysis belom memperoleh kepuasan atas pertunjukan sendratari Ramayana, berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa secara parsial variabel bebas yang terdiri dari faktor sosial, kualitas pelayanan dan budaya berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada pertunjukan sendratari ramayana. Hal ini dibuktikan dalam thitung > t tabel hasil linear sederhana dapat diketahui bahwa variabel budaya, kualitas layanan dan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci : Faktor Sosial, Kualitas Layanan, dan Faktor Budaya, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Nov 2016 09:06
Last Modified: 16 Nov 2016 09:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8902

Actions (login required)

View Item View Item