Windi Hastari, Nila (2013) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN INDOSATM2 YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK FISIP.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Industri ini semakin berkembang seiring dengan dukungan handset yang semakin terjangkau.
IndosatM2 merupakan satu-satunya provider mobile internet yang merupakan non provider GSM
ataupun CDMA, seperti halnya Telkomsel, XL ataupun Indosat sendiri. Sebagai hal baru, infrastruktur
merupakan kendala utama yang dialami mereka saat ini. Maka, fokus akan pengembangan kualitas
jaringan dan konsistensi speed merupakan prioritas yang utama. Sesuai dengan uraian diatas, maka
penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi guna:
1. Mengetahui perencanaan komunikasi pemasaran IndosatM2 Yogyakarta dalam upaya
menarik minat pelanggan.
2. Mengetahui implementasi kegiatan apa saja yang diupayakan IndosatM2 Yogyakarta dalam
menarik minat pelanggan.
3. Melakukan evaluasi kegiatan yang sudah diupayakan IndosatM2 Yogyakarta dalam menarik
minat pelanggan.
Pemahaman tentang perilaku pelanggan sangat penting dan merupakan dasar dalam
perumusan strategi pemasaran. Reaksi konsumen pada strategi pemasaran ini menentukan sukses atau
gagalnya organisasi di dalam upaya agar pelanggan bersedia membeli barang yang ditawarkan. Reaksi
tersebut juga menentukan keberhasilan pelanggan didalam upaya memenuhi kebutuhan, keinginan dan
harapannya, diharapkan hal itu dapat memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap masyarakat
yang lebih luas, dimana kejadian (proses keputusan pembelian) tersebut terjadi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa
konsep pemasaran yang terdapat di IndosatM2 Yogayakarta yaitu menganalisis pasar dan melakukan
segmentasi pasar, menetukan media yang diperlukan.IndosatM2 Yogyakarta menggunkan strategi
komunikasi pemasaran dalam memasarkan dan mengembangkan kemajuan perusahaan. Strategi
komunikasi pemasaran yang digunakan adalah dengan Hard selling, Awarenes dan Opentable. Hard
selling dilakukan dengan media iklan, pemasaran langsung atau penjualan personal , Promosi Penjualan
dan kerjasama dengan dealer.
Awarenes dengan melakukan kerjasama dengan radio prambors, media koran hal ini dilakukan
dalam rangka proses komunikasi pemasaran, secara intensif Indosatm2 mengadakan press conference
dan press release baik di media cetak maupun elektronik, pengadaan media tool dan melakukana
evaluasi – evaluasi baik internal maupun eksternal. Awareness juga dilakukan melalui sponshorship
even-even di sekolah-sekolah. Hal ini untuk memebentuk brand bahwa IndosatM2 merupakan produk
modern, muda dan dinamis.Opentable dilakukan di tempat-tempat strategis yang banyak didatangi
konsumen dintaranya adalah sunmor Ugm dan Even pameran di JEC.
Ditinjau dari Segmentasi, dalam perencanaan dan pelaksanaannya IndosatM2 menyasar segmentasi
reatail dan corporate. Namun secara lebih tegas IndosatM2 mengarahkan pada segmen retail. Meskipun
tetap tidak meninggalkan segmen korporatenya. Hal ini dilatarbelakangi pertumbuhan akan kebutuhan
internet Broadband untuk kalangan pribadi dari tahun ketahun semakin meningkat dan internet sudah
menjadi bagian dari kebutuhan setiap orang.Ditinjau dari perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi
media, IndosatM2 masih menggunakan media cetak sebagai tylang punggung promosi selain juga
menggunakan media-media pendukung yang lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |