STRATEGI BRAND MANAGEMENT-CORPORATE COMMUNICATION PT PERTAMINA (PERSERO) DALAM MEMBANGUN BRAND EQUITY MEREK PERUSAHAAN

Laksamana, Yudha Wahyu (2013) STRATEGI BRAND MANAGEMENT-CORPORATE COMMUNICATION PT PERTAMINA (PERSERO) DALAM MEMBANGUN BRAND EQUITY MEREK PERUSAHAAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI YUDHA.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimanakan strategi yang dilakukan brand management PT Pertamina (Persero) dalam membangun brand equity merek perusahaan. Yang menjadi latar belakang penulis melakukan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui strategi komunikasi seperti apa yang dilakukan perusahaan besar seperti Pertamina yang melakukan usaha pengolahan migas serta energi baru di tengah persaingan oil company asing yang juga menjual produk-produk yang sama dengan Pertamina. Sehingga Pertamina melalui divisi brand management nya dituntut untuk bisa membangun brand equity merek Pertamina, agar masyarakat mengerti tentang Pertamina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi apa saja yang digunakan oleh brand management PT Pertamina (Persero) untuk membangun merek perusahaan serta mengetahui faktor-faktor yang menghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan wawancara mendalam kepada pekerja di fungsi brand management PT Pertamina (Persero), serta pengamatan dan observasi langsung, juga mengumpulkan data-data yang berupa dokumen perusahaan tentang strategi-strategi yang akan dilakukan. Dalam penyajian data penulis melakukan reduksi data dengan cara trianggulasi sumber yaitu penulis memanfaatkan jenis sumber data yang berbeda-beda untuk menggali data yang sejenis sehingga dapat ditarik kesimpulannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fungsi brand management di PT Pertamina (Persero) melakukan strategi pembangunan brand equity merek perusahaan dengan strategi-strategi khusus yang dilakukan oleh ke empat sub-fungsi di dalamnya, yaitu: sub-fungsi brand analyst, sub-fungsi sponsorship, sub-fungsi advertising dan sub-fungsi exhibition and merchandise officer, ke-empat sub-fungsi di dalam brand management ini melakukan strategi nya masing-masing dimana hasil akhirnya sejalan dengan tujuan brand management yaitu meningkatkan brand equity korporat sehingga mendukung pembentukan citra dan reputasi citra perusahaan yang positif dimata para stakeholder. xv

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Nov 2016 04:16
Last Modified: 16 Nov 2016 04:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8861

Actions (login required)

View Item View Item