PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI PROVINSI PAPUA TAHUN 1997-2013

Iriani, Dewi (2015) PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI PROVINSI PAPUA TAHUN 1997-2013. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan adalah bagian dari tujuan diberlakukannya desentralisasi fiskal. Sejak diberlakukannya desentralisasi fiskal hingga saat ini, desentralisasi diharapkan mampu mengembangkan seluruh potensi ekonomi yang ada, sehingga dapat memicu peningkatan aktivitas perekonomian di daerah yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah. Studi ini meneliti tentang pengaruh langsung dan tidak langsung desentraliasasi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua tahun 1997-2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh langsung desentralisasi fiskal terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan pengaruh tidak langsung pertumbuhan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat, sehingga nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu dasar dalam penentuan kebijakan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path analysis) dengan bantuan software Eviews 4.0. hasil dari penelitian menunjukan bahwa desentralisasi fiskal tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua, pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua. Kata kunci: Desentralisasi fiskal, kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 May 2016 03:39
Last Modified: 18 May 2016 01:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item