ANALISIS SWOT MENGENAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA

VALENTINE, LAYANA (2013) ANALISIS SWOT MENGENAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
tanda tangan.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Agar Gembira Loka Zoo dapat bersaing dengan tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia khususnya di Yogyakarta dalam menarik pengunjung maka diperlukan inovasi maupun kreasi dari pihak manajemen atau pengelola kebun binatang. Salah satu strategi yang dapat diterapkan yaitu Strategi komunikasi pemasaran. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui Strategi komunikasi pemasaran Gembira Loka Zoo Yogyakarta dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjungnya. Kedua, untuk mengetahui analisis SWOT dari Strategi komunikasi pemasaran Gembira Loka Zoo Yogyakarta dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjungnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan situasi atau kejadian. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara atau interview. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa, dalam meningkatkan jumlah pengunjung, Gembira Loka Zoo menerapkan 11 strategi komunikasi pemasaran yang terdiri dari segmentasi pasar, target pasar, positioning, brand name, brand image, riset pemasaran, pelayanan, efektifitas dan efisiensi program yang sudah dijalankan, program yang dapat menunjang promosi, promosi, dan menjaga relasi. Kesebelas strategi tersebut termasuk dalam kegiatan analisis dan bauran pemasaran. Sehingga Gembira Loka Zoo melakukan dua strategi pemasaran yaitu analisis dan bauran pemasaran. Hasil analisis swot atas strategi komunikasi pemasaran menunjukkan bahwa Gembira Loka Zoo memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap dan dilengkapi dengan sarana rekreasi, edukasi, dan konser yang menjadi faktor kekuatan apabila dibandingkan kebun binatang yang lain. Akan tetapi terdapat kelemahan yang dimiliki Gembira Loka Zoo yaitu tidak terdapatnya lahan parkir yang cukup luas dan mengakibatkan keresahan pada pengunjung terutama pada keamanan kendaraan bermotornya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Nov 2016 02:43
Last Modified: 11 Nov 2016 02:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8693

Actions (login required)

View Item View Item