ANALISIS DAMPAK WISATA ALAM AIR TERJUN SRI GETHUK TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT SEKITAR (Studi kasus di Desa Menggoran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul)

Ratnawati, Dewi (2015) ANALISIS DAMPAK WISATA ALAM AIR TERJUN SRI GETHUK TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT SEKITAR (Studi kasus di Desa Menggoran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Air Terjun Sri Gethuk akhir – akhir ini menjadi obyek wisata yang sering di kunjungi para wisatawan, Air Terjun Sri Gethuk terletak di kabupaten Gunungkidul, yang terkenal dengan tanahnya yang tandus, mengingat hal tersebut penduduk setempat pada akhirnya mengembangkan wisata alam Air Terjun Sri Gethuk ini. Dengan di kembangkannya wisata alam Air Terjun Sri Gethuk ini banyak masyarakat yang mulai membuka usaha di tempat wisata ini, dengan adanya tempat wisata baru maka membuat pendapatan masayarakat sekitar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pendapatan sesudah dan sebelum di kembangkannya wisata alam Air Terjun Sri Ghetuk ini, serta untuk mengetahui dampak – dampak yang timbul setelah wisata alam ini dikembangkan. Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara purposive sampling. Sampel diambil di desa menggoran. Berdasarkan uji beda Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk terjadi perbedaan secara nyata antara rata –rata pendapatan sebelum dikembangkannya obyek wisata Sri Gethuk dengan rata – rata pendapatan sesudah di kembangkannya wisata tersebut, sehingga dapat di katakan signifikan. Kemudian untuk Multiplier efec dapat di simpulkan bahwa wisata alam Air Terjun Sri Gethuk dapat memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat sekitarnya. Kata Kunci : Pendapatan Masyarakat, Perubahan mata pencaharian,Peluang usaha

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 May 2016 03:33
Last Modified: 18 May 2016 01:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item