MAKNA PESAN IKLAN SAMPOERNA HIJAU VERSI “SAMA RASA SAMA RATA” (Analisis Semiotika Iklan Rokok Sampoerna Hijau Pada Media Televisi)

PINANDITO, HARYO (2015) MAKNA PESAN IKLAN SAMPOERNA HIJAU VERSI “SAMA RASA SAMA RATA” (Analisis Semiotika Iklan Rokok Sampoerna Hijau Pada Media Televisi). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang, memberikan layanan, serta gagasan atau ide-ide melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif. Salah satu media yang digunakan dalam beriklan adalah televisi. Dalam pembuatan iklan rokok di televisi melalui biro-biro iklannya, perusahaan rokok berusaha untuk menciptakan karakter yang kuat atas produknya. Hal tersebut mendorong tim kreatif biro iklan televisi berusaha untuk berusaha mencari ide-ide segar dan inovatif dalam penyusunan konsep sebuah iklan rokok. Hampir semua iklan rokok di televisi pada umumnya menampilkan laki-laki macho, pemberani, dan pahlawan. Ini yang membuat iklan rokok Sampoerna Hijau tampil dengan ide yang berbeda dari iklan-iklan rokok yang sudah-sudah. Pembuatan iklan yang dibuat secara jenaka, humor, ringan dan terkesan santai namun memiliki makna yang jelas dan mendalam. Dalam penyampaian iklan yang bertemakan jenaka dan humor ini, Sampoerna Hijau juga mendapat keuntungan dengan menanamkan good image atau citra yang baik kepada masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitiann ini adalah Bagaimana makna pesan iklan Samapoerna Hijau versi “Sama Rasa Sama Rata”. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui makna, nilai-nilai dan simbol serta tanda yang terkandung dalam iklan Samapoerna Hijau versi “Sama Rasa Sama Rata”. Metode yang dipergunakan peneliti adalah metode semiologi Roland Barthes dengan menggunakan tataran denotasi dan konotasi dalam penginterpretasiannya. Validitas dalam penelitian ini menggunakan Konteks Fisik dan Sosial, Struktur Tanda dan Tanda lain, Fungsi Tanda, Sejarah, dan Mitologi, Intertekstualitas dan Intersubjektivitas. Hasil penelitian dalam iklan rokok Sampoerna Hijau versi sama rasa sama rata mempunyai makna pesan yang mendalam, diawali dengan memecah iklan menjadi beberapa bagian scene kemudian dilakukan proses interpretasi per scene. Dari proses interpretasi Iklan Sampoerna Hijau ini memiliki makna pesan yang berhubungan mengenai persahabatan, dan poin-poin yang berbicara tentang semangat tolong menolong/bahu membahu/kebersamaan, dan sama rasa sama rata serta esensi persahabatan adalah aspek terpenting yang diangkat Sampoerna Hijau. Dengan memahami pentingnya keberadaan teman bagi setiap orang terlebih, di Indonesia, makna pertemanan lebih dalam mengingat budaya dan komunitas masyarakatnya yang mengutamakan aspek kebersamaan dalam berbagai dimensi kehidupan. An advertisement was a communication process that had a very important power as a marketing tool that helped to sell goods, delivered services and ideas through a specific channel in a form of persuasive information. One of media used in advertisements was television. In television cigarette advertisement production, through its advertisement agencies, a cigarette company endeavored to create a strong character upon its product. It leaded a television advertisement agency creative team to manage a cigarette advertisement concept. Almost all television cigarette advertisements generally showed macho man, braver, and hero. It what made Sampoerna Hijau cigarette advertisement was present with different idea other than it used to. An advertisement production was made in humor, easy and impressed relaxed, but it had a clear and deep meanings. In that humorous-themed advertisement expression, Sampoerna Hijau was also advantaged by establishing a good image to the public. Research formulation of the problem is how message importance Sampoerna Hijau version of "Sama Rasa Sama Rata". This study aims to know it meanings, values and symbols and signs contained in the Sampoerna Hijau version of " Sama Rasa Sama Rata " advertising. Method used by the researcher was Roland Barthes‟s semiology method by using denotation and connotation grades in his interpretation. Its research validity used Physical and Social Contexts, Symbol Structure and Other Symbols, Symbol Function, History, Mythology, Inter-textual and Inter-subjectivity. Research result in Sampoerna Hijau cigarette advertisement version of „Equable‟ had a deep message importance, initialed by breaking down into several scene parts then was conducted per scene interpretation process. Out of Sampoerna Hijau Advertisement Interpretation, it had a message importance concerning friendship and points that talked about helpfulness or togetherness, and „Equable‟, friendship essence was the most important aspect lifted by Sampoerna Hijau. By understanding a friend existence importance to everyone, especially in Indonesia, friendship importance was deeper recalled its public culture and community that emphasized togetherness aspect in several life dimens

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 10 Nov 2016 07:38
Last Modified: 10 Nov 2016 07:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8658

Actions (login required)

View Item View Item