ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KECIL MENENGAH DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (StudiPada UKMDaniArthaReplika,DusunBebekan, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta)

Dewi Indah, Any (2014) ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KECIL MENENGAH DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (StudiPada UKMDaniArthaReplika,DusunBebekan, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi bersaing yang sesuai pada Dani Artha Replika berdasarkan analisis analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi bersaing yang tepat pada Dani Artha Replika berdasarkan analisis SWOT dengan mebggunakan matrik IFAS dan EFAS Penelitian ini dilakukan di Dani Artha Replika. Tipe peneitian ini adalah deskriftif, yaitupenelitiaan bertujuan untuk membuat deskriftif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta hubungan antarfenomena yang diselidiki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, kekuatan dari Dani Artha Replika adalah mutu produk, ketersediaan bahan baku, hubungan dengan pelanggan, jangkauan pemasaran, keterampilan sdm.Kelemahan yaitu Penggunaan teknologi, manajemen, promosi, konsistensi karyawan dalam pembagian tugas, sistem keuang. Peluang yaitu potensi pasar yang masih besar, mendapatkan kesempatan dari banyak mitra kerja dalam hal mempromosikan, perluasan jalur pemasaran, dukungan dari masyarakat terhadap kegiatan usaha, dan kemajuan teknologi. Ancaman yaitu banyak produk sejenis dari pesaing, harga bahan baku meningkat, daya beli masyarakat yang masih rendah dan semakin banyak berdiri usaha sejenis. Nilai dari faktor internal adalah 3,12 yang terdiri dari kekuatan 2,515 dan kelemahan 0,605, dari hasil tersebut terlihat kekuatan lebih dominan daripada kelemahan. Faktor eksternal mempunyai nilai 3,01 yang terdiri atas peluang 2,35 dan ancaman 0,685. Dari hasil faktor internal dan eksternal didapat posisi perusahaan dengan mengunkan analisis SWOT terdapat pada sel I yaitu mendukung strategi agresif, usaha berada pada posisi yang sangat menguntungkan dimana mempunyai kekuatan dan peluang. Rekomendasi strategi yang bisa dilakukan usaha adalah melakukan strategi penetrasi pasar (market penetration), pengembangan pasar (market development) dan pengembangn produk (produk development). Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran bagi Dani Artha Replika adalah sebagai berikut : Memberikan nama/merk disetiap produk, membuat sebuah web,mengatur pembagian tugas dengan baik dan menggunakan teknologi dalam menjalankan usaha. Kata Kunci : Strategi, UKM, IFAS, EFAS, Matriks SWOT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 08 Nov 2016 08:02
Last Modified: 08 Nov 2016 08:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8574

Actions (login required)

View Item View Item