ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KECIL MENENGAH DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (StudiPada UKMDaniArthaReplika,DusunBebekan, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta)

Dewi Indah, Any (2014) ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KECIL MENENGAH DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (StudiPada UKMDaniArthaReplika,DusunBebekan, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi
bersaing yang sesuai pada Dani Artha Replika berdasarkan analisis analisis
SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS. Tujuan dari penelitian ini
adalah Untuk mengetahui strategi bersaing yang tepat pada Dani Artha Replika
berdasarkan analisis SWOT dengan mebggunakan matrik IFAS dan EFAS
Penelitian ini dilakukan di Dani Artha Replika. Tipe peneitian ini adalah
deskriftif, yaitupenelitiaan bertujuan untuk membuat deskriftif, gambaran atau
lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta
hubungan antarfenomena yang diselidiki. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian, kekuatan dari Dani Artha Replika adalah mutu
produk, ketersediaan bahan baku, hubungan dengan pelanggan, jangkauan
pemasaran, keterampilan sdm.Kelemahan yaitu Penggunaan teknologi,
manajemen, promosi, konsistensi karyawan dalam pembagian tugas, sistem
keuang. Peluang yaitu potensi pasar yang masih besar, mendapatkan kesempatan
dari banyak mitra kerja dalam hal mempromosikan, perluasan jalur pemasaran,
dukungan dari masyarakat terhadap kegiatan usaha, dan kemajuan teknologi.
Ancaman yaitu banyak produk sejenis dari pesaing, harga bahan baku meningkat,
daya beli masyarakat yang masih rendah dan semakin banyak berdiri usaha
sejenis.
Nilai dari faktor internal adalah 3,12 yang terdiri dari kekuatan 2,515 dan
kelemahan 0,605, dari hasil tersebut terlihat kekuatan lebih dominan daripada
kelemahan. Faktor eksternal mempunyai nilai 3,01 yang terdiri atas peluang 2,35
dan ancaman 0,685. Dari hasil faktor internal dan eksternal didapat posisi
perusahaan dengan mengunkan analisis SWOT terdapat pada sel I yaitu
mendukung strategi agresif, usaha berada pada posisi yang sangat menguntungkan
dimana mempunyai kekuatan dan peluang. Rekomendasi strategi yang bisa
dilakukan usaha adalah melakukan strategi penetrasi pasar (market penetration),
pengembangan pasar (market development) dan pengembangn produk (produk
development).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran bagi Dani Artha Replika adalah
sebagai berikut : Memberikan nama/merk disetiap produk, membuat sebuah
web,mengatur pembagian tugas dengan baik dan menggunakan teknologi dalam
menjalankan usaha.
Kata Kunci : Strategi, UKM, IFAS, EFAS, Matriks SWOT

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 08 Nov 2016 08:02
Last Modified: 08 Nov 2016 08:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8574

Actions (login required)

View Item View Item