KHANIF RISA SUWANDI, MUHAMMAD (2015) “ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK” ( Studi pada CV.Pratama Karya Warkop Bardiman cabang Yogyakarta ). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
JURNAL ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap kualitas produk dan atribut kualitas produk apa saja yang dipertimbangkan konsumen untuk meilih produk pada Warkop Bardiman Yogyakarta . Penelitian ini dilakukan di Warung Kopi Bardiman Seturan Yogyakarta. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan data primer sebagai sumber data. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuisioner. Populasi yang diambil adalah konsumen Warung Kopi Bardiman Seturan Yogyakarta. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling insedental denagn jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode Cochran Q Test dan Perceived Quality (PQ) Hasil penelitian berdasarkan langkah-langkah analisis data menggunakan Cochran Q Test diketahui atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memeilih Warkop Bardiman adalah : 1) Pelayanan cepat, 2) Kebersihan tempat, 3) Jam buka 24 jam, 4) Lokasi strategis, 5) Banyak pilihan menu, 6) Suasana nyaman, 7) Porsi banyak, 8) Harga terjangkau, 9) Rasanya enak, 10) Fasilitas lengkap. Hasil perhitungan metode perceived quality yang dilakukan dengan mengukur skor total performans dan tingkat kepentingan menunjukkan bahwa total PQ (performans relatif) atribut kualitas produk Warkop Bardiman sebesar 0,0995 atau 9.95% dan 0,099 atau 9,9 %. Dari perhitungan tersebut persepi konsumen terhadap kualitas produk pada Warkop Bardiman ada yang dinilai sudah baik dan masih belum baik, untuk penilaian baik dapat dilihat dari hasil perhitungan bobot nilai PQ relatif yang menunjukkan bahwa dalam tingkat performans fasilitas lengkap dinilai oleh konsumen Warkop Bardiman sudah baik.Hal ini dikarenakan poin perhitungan menurut data kuisioner fasilitas lengkap menduduki tingkat performans baik yang paling tinggi yaitu 0,104 atau 10,4 %. Kemudian untuk persepsi konsumen Warkop Bardiman terhadap atribut produk yang dinilai masih belum baik dilihat dari tingkat performans adalah pelayanan cepat, karena atribut produk tersebut menduduki tingkat performans tidak baik yaitu 0,095 atau 9,5%. Dari hasil penelitian ini dapat diambil suatu implikasi bahwa sebuah Warung Kopi mampu menciptakan persepsi yang baik (positif) dimata konsumen, sehingga meyakinkan konsumen untuk datang dan membeli produk kembali pada Warung Kopi tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 06:46 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 06:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8562 |
Actions (login required)
View Item |