PENGEMBANGAN USAHA SUPPLIER DAGING SAPI SEGAR UD.ANAK RAGIL DI BOYOLALI JAWA TENGAH

Musthofa, Zaki (2015) PENGEMBANGAN USAHA SUPPLIER DAGING SAPI SEGAR UD.ANAK RAGIL DI BOYOLALI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2012, terlihat bahwa rata-rata konsumsi daging di Indonesia yaitu 5,25 kg per kapita pertahun. Konsumsi ini masih rendah jika dibandingkan dengan standar dari FAO yaitu sebesar 10,1 kg per kapita pertahun. Hal ini disebabkan karena daya beli masyarakat Indonesia yang masih rendah. Selain itu, juga dapat disebabkan karena dari tahun ke tahun jumlah populasi masyarakat di Indonesia semakin lama semakin meningkat sehingga pemenuhan akan kebutuhannya pun juga meningkat. Berdasarkan kenyataan berpotensinya bisnis Daging Sapi Segar maka penulis melakukan penelitian dengan judul “Pengembangan Usaha Daging Sapi Segar UD.Anak Ragil Di Boyolali Jawa Tengah. Bisnis daging sapi segar UD. Anak Ragil bertempat di kabupaten Boyolali tepatnya dusun Mitiran desa Gladangsari kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Jawa Tengah dikelola oleh penulis. Produk yang dihasilkan oleh UD. Anak Ragil adalah daging sapi yang telah disembelih dagingnya di potong dan dipisahkan dengan jerohanya. Varian yang ditawarkan ada lima bagian yaitu Has dalam, Paha Belakang, Sorok, Tipisan, Lulur. Dalam masa implementasi diketahui bahwa pemasaran dilakukan pada para pedagang ecerean atau kios – kios yang berada di pasar tradisional di kabupaten demak. Strategi yang digunakan oleh UD. Anak Ragil dalam pemasaran produknya dengan cara mendatangi tengkulak langsung dan membicarakan system pembayaran dengan memberikan kelonggaran waktu pembayaran 1 hari setelah penerimaan daging segar dan memberikan pelayanan pengantaran yang cepat dan tepat waktu, sehingga para pedagang cenderung mau bekerjasama dengan UD.Anak Ragil. Hal tersebut dapat dibuktikanya pada pengambilan daging sapi segar di bulan pertama dan bulan kedua pada saat implementasi yang naik 705kg di bulan Desember 2014 dan bulan Januari 2015, dan juga dapat dilihat dari perhitungan BEP yang mengalami surplus sebesar Rp.6.719.800 dan ROI sebesar 99,5%. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat dilihat pencapaian yang baik UD. Anak RAgil selama Implementasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 08 Nov 2016 04:53
Last Modified: 08 Nov 2016 04:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8551

Actions (login required)

View Item View Item