Musthofa, Zaki (2015) PENGEMBANGAN USAHA SUPPLIER DAGING SAPI SEGAR UD.ANAK RAGIL DI BOYOLALI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2012, terlihat
bahwa rata-rata konsumsi daging di Indonesia yaitu 5,25 kg per kapita pertahun.
Konsumsi ini masih rendah jika dibandingkan dengan standar dari FAO yaitu sebesar
10,1 kg per kapita pertahun. Hal ini disebabkan karena daya beli masyarakat
Indonesia yang masih rendah. Selain itu, juga dapat disebabkan karena dari tahun ke
tahun jumlah populasi masyarakat di Indonesia semakin lama semakin meningkat
sehingga pemenuhan akan kebutuhannya pun juga meningkat. Berdasarkan kenyataan
berpotensinya bisnis Daging Sapi Segar maka penulis melakukan penelitian dengan
judul “Pengembangan Usaha Daging Sapi Segar UD.Anak Ragil Di Boyolali Jawa
Tengah.
Bisnis daging sapi segar UD. Anak Ragil bertempat di kabupaten Boyolali
tepatnya dusun Mitiran desa Gladangsari kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Jawa
Tengah dikelola oleh penulis. Produk yang dihasilkan oleh UD. Anak Ragil adalah
daging sapi yang telah disembelih dagingnya di potong dan dipisahkan dengan
jerohanya. Varian yang ditawarkan ada lima bagian yaitu Has dalam, Paha Belakang,
Sorok, Tipisan, Lulur.
Dalam masa implementasi diketahui bahwa pemasaran dilakukan pada para
pedagang ecerean atau kios – kios yang berada di pasar tradisional di kabupaten
demak. Strategi yang digunakan oleh UD. Anak Ragil dalam pemasaran produknya
dengan cara mendatangi tengkulak langsung dan membicarakan system pembayaran
dengan memberikan kelonggaran waktu pembayaran 1 hari setelah penerimaan
daging segar dan memberikan pelayanan pengantaran yang cepat dan tepat waktu,
sehingga para pedagang cenderung mau bekerjasama dengan UD.Anak Ragil. Hal
tersebut dapat dibuktikanya pada pengambilan daging sapi segar di bulan pertama dan
bulan kedua pada saat implementasi yang naik 705kg di bulan Desember 2014 dan
bulan Januari 2015, dan juga dapat dilihat dari perhitungan BEP yang mengalami
surplus sebesar Rp.6.719.800 dan ROI sebesar 99,5%. Berdasarkan perhitungan
tersebut dapat dilihat pencapaian yang baik UD. Anak RAgil selama Implementasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 04:53 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 04:53 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |