EKO SUMADI, SINUNG (2013) ANALISIS PENGARUH KEAHLIAN, KETERPERCAYAAN SERTA DAYA TARIK SELEBRITI ENDORSER (DERRICK ROSE) PADA IKLAN “STORY OF D ROSE” DI YOUTUBE TERHADAP KEPRIBADIAN MEREK ADIDAS ROSE 3 (Survei pada Anggota Komunitas Basketball Kaskus Regional Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan komunikasi pemasaran dengan strategi menggunakan selebriti sebagai
endorser, seperti bintang film serta olah ragawan terkenal untuk menciptakan
kepribadian merek tertentu melalui iklan dengan medium alternatif seperti
Youtube merupakan pendekatan-pendekatan yang diterapkan oleh para praktisi
pemasaran sebagai salah satu cara yang diyakini dapat memudahkan konsumen
dalam mengingat sebuah merek serta membedakan merek terhadap pesaingnya.
Dalam model transfer arti, endorsement memainkan peran yang sangat penting
dalam proses peralihan citra. Dengan mengontrak Derrick Rose, Adidas mencoba
mentransfer produk itu seperti personality yang dimiliki oleh sang olahragawan
melalui iklan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan,
serta pengaruh dari keahlian, keterpercayaan dan daya tarik dalam diri endorser,
terhadap kepribadian merek Adidas Rose 3 pada anggota Komunitas Basketball
Kaskus Regional Yogjakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.
Metode yang digunakan yaitu metode survai dengan sampel sebanyak 52
responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product
moment serta Cronbach’s Alpha. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk
mengetahui pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Pengujian
hipotesis menggunakan uji-t, uji-f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian
menunjukkan, sebagian besar responden setuju bahwa Derrick Rose dapat
membentuk kepribadian merek Adidas Rose 3. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan korelasi positif serta signifikan antara keahlian, keterpercayaan dan
daya tarik terhadap kepribadian merek sebesar 83,6%. Keterpercayaan merupakan
variabel paling dominan dalam membentuk kepribadian merek, diikuti oleh daya
tarik kemudian keahlian di posisi terakhir. Kesimpulannya, strategi menggunakan
selebriti sebagai endorser dapat menjadi senjata yang efektif ditengah
kompleksnya persaingan di dunia bisnis seperti meningkatnya jumlah pilihan akan
merek yang dihadapi masyarakat, sulitnya melakukan differensiasi antar merek
berdasarkan atribut fungsi, serta jenuhnya khalayak akan terpaan yang berlebihan
berbagai macam iklan merek melalui media massa.
Kata Kunci: Keahlian, Keterpercayaan, dan Daya Tarik Selebriti Terhadap
Kepribadian Merek
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 04:02 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 04:02 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |