IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI YANG TERBENTUK PADA PECINTA FOTOGRAFI DI KOFORTE (Komunitas Fotografi Temanggung)

Oka Rahardian, Jagad (2015) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI YANG TERBENTUK PADA PECINTA FOTOGRAFI DI KOFORTE (Komunitas Fotografi Temanggung). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak (Iklim Komunikasi Organisasi Yang Terbentuk Pada pecinta Fotografi di KOFORTE (Komunitas .pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Iklim komunikasi organisasi merupakan suatu hal yang memegang peranan sentral untuk menumbuhkan suatu keadaan iklim komunitas yang baik dan berkembang, serta salah satu bagaimana para anggota dan pengurus dapat bekerja dengan baik dan mencurahkan seluruh usaha dan dedikasinya untuk kemajuan komunitas. Dengan memperbaiki komunikasi diharapkan menjadi satu jalan usaha dalam meningkatkan komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana iklim komunikasi organisasi yang terbentuk pada pecinta fotografi di KOFORTE.Untuk mengetahui gambaran bagaimana iklim yang terjadi pada obyek penelitian, penulis menggunakan konsep iklim komunikasi organisasi yang diperkenalkan oleh Pace dan Faules, yang terinci dari beberapa elemen yaitu : partisipasi dalam pembuatan keputusan, kepercayaan, keterbukaan informasi, dan perhatian terhadap tujuan-tujuan berkinerja tinggi. Dari ke empat elemen tersebut penulis mendapatkan beberapa bahan untuk melakukan penelitian sesuai dengan sub elemen tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang datanya didapatkan dari wawancara secara mendalam dan observasi langsung pada lapangan.Berdasarkan dari hasil wawancara dan observasi yang penulis lakukan, dari seluruh elemen yang menjadi dasar untuk mengetahui bagaimana iklim komunikasi organisasi yang terbentuk pada KOFORTE, penulis menemukan hasil yang positif. Hal ini dapat dilihat dari beberapa konsep kerja para pengurus untuk anggotanya dan untuk keseluruhannya. Beberapa sistem kerja yang diciptakan telah menjawab elemen-elemen dasar dari komunikasi organisasi tersebut. Diantaranya adalah : informasi terbuka untuk seluruh anggota melalui media sosial facebook dan langsung, pergantian kepanitiaan dalam setiap kegiatan acara yang KOFORTE lakukan, memberikan ruang untuk memamerkan karya seninya, dan juga edukasi untuk anggota KOFORTE agar dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu fotografinya sehingga berguna dan dapat ditularkan untuk khalayak luas. Semakin berkembangnya komunitas ini, dari segi anggota dan juga acara-acara yang dilaksanakan bisa simpulkan bahwa iklim komunikasi organisasi yang terbentuk pada KOFORTE ini berjalan dengan baik dan positif. Organization communication climate is a case that held an important influence to grow up a case of good and growing communication climate, One of the methode to carry the member and management to make a have a good work is spend all their effort and dedication for the improvement of community. Hoped with repairing the commnunication can improve the community. The goal of this experiment is for finding out how the organization communication climate that builded by the lovers of fotographys in KOFORTE.For finding out the sketch about climate that happened to the observing object, the writer used communication climate inventory that being known by Pace and Faules that has some element : participation in making a decision, trust, opened for information, and concern in goal of high work. From these four element, the writer got some materials to do the experiment in line with that sub element. This experiment is cualitative descriptive experiment which the data came from deep interview and direct field observation.Based on the result of interview and field observation, from elements that being the basic to figure out how organization communication climate that building in KOFORTE, the writer found a positive case. This case can be known from all working concepts of the management and members also overall. Some working system that builded has answered the basic element from that organization. They are : open information for all the members through direct social media and facebook, changing of commitee in all KOFORTE’s program, give space for art exhibition, and aducating the members to aplicate the knowledge of their photography for brodcasting it to people. And the community growing bigger include the members and program can be concluded that organization communication climate in KOFORTE works good and positively.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:52
Last Modified: 07 Nov 2016 08:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item