“STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA PANTAI KARAPYAK OLEH PENGELOLA PANTAI DI DESA BAGOLO (PANGANDARAN)”

FADILLAH, ANGGA (2013) “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA PANTAI KARAPYAK OLEH PENGELOLA PANTAI DI DESA BAGOLO (PANGANDARAN)”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of a.pdf]
Preview
Text
a.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pariwisata merupakan salah satu industri yang saat ini digenjot dan dibangkitkan
pertumbuhannya oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah daerah di Indonesia yang
berbenah seiring dengan langkah pemerintah nasional itu adalah Kabupaten Ciamis, Jawa
Barat. Wisata Pantai Karapyak yang Pengelolaannya masih swadaya masyarakat.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran pariwisata Pantai
Karapyak yang dilakukan oleh pengelola pantai di desa Bagolo, faktor pendukung dan
penghambat strategi komunikasi pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. teknik pengumpulan data yaitu wawancara,
observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian dilaporkan, selanjutnya
dianalisis dan dipaparkan secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran fakta yang ada
dan untuk menjawab pertanyaan pada rumusan masalah. Hasil penelitian meunjukan bahwa
pengelola Pantai Karapyak sudah menggunakan strategi komunikasi pemasaran yaitu
berupa bauran promosi pemasaran diantaranya Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat,
dan Online Marketing, Kemudian secara tidak langsung ketiga promosi tersebut
menghasilkan “word of mouth” atau pemasaran dari mulut ke mulut. Target komunikasi
pemasaran adalah pengunjung yang berasal dari semua kalangan, baik dari turis domestik
maupun turis-turis manca negara. Dalam kepengelolaannya belum terorganisir dengan baik
dan dilakukan seadanya. Pemerintah diharapkan segera ikut ambil bagian dalam
kepengelolaan. Masyarakat desa Bagolo sangat peduli dengan kemajuan Pantai Karapyak,
masyarakat sadar bahwa objek wisata ini akan berkembang seiring pengelolaanm yang
baik, dan kepedulian seluruh elemen masyarakat akan kebersihan dan pelestarian Pantai
Karapyak.
ABSTRACT
Tourism is one industry that today and raised its growth boosted by the Indonesian
government. Local governments in Indonesia that arrangement in line with the national
government's move is the Ciamis District, Karapyak Beaches that management is still nongovernmental.
This
study
aims to describe the marketing communications strategy Karapyak
Beach tourism undertaken by coastal managers in the village Bagolo, supporting and
inhibiting factors of marketing communications strategy. This type of research is a qualitative
descriptive approach. data collection techniques are interviews, observation and
documentation. The data obtained from the study are reported, analyzed and presented
descriptively to get an overview of the facts and to answer questions on the formulation of
the problem. The results Karapyak Beach show that managers are using marketing
communication strategy in the form of marketing promotion mix including Sales Promotion,
Public Relations and Online Marketing, then indirectly the third promotion generate "word of
mouth" marketing or word of mouth. Target marketing communications was the visitors who
come from all walks of life, both from domestic tourists and foreign tourists. In management
not well organized and do potluck. The government is expected soon to take part in
manageability. Bagolo villagers are very concerned with the progress Karapyak Beach,
people are aware that this attraction will develop over the proper management, and all
elements of society concern for cleanliness and preservation Karapyak Beach.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:49
Last Modified: 07 Nov 2016 04:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8457

Actions (login required)

View Item View Item