STRATEGI MANAJEMEN PEMBERITAAN MEDIA CETAK PADA SURAT KABAR HARIAN (SKH) HARIAN JOGJA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR MEDIA CETAK LOKAL

Noorsafitri, Yuliani (2013) STRATEGI MANAJEMEN PEMBERITAAN MEDIA CETAK PADA SURAT KABAR HARIAN (SKH) HARIAN JOGJA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR MEDIA CETAK LOKAL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of a.pdf]
Preview
Text
a.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Persaingan antar media massa saat ini semakin kompetitif dalam mendapatkan konsumen.
Terutama persaingan antara media cetak lokal di Yogyakata. Sebagai surat kabar lokal yang memiliki
banyak pesaing dengan segmentasi yang sama, Harian Jogja membuat tiga jenis Koran, di antaranya
Harian Jogja Reguler, Harian Jogja Gunung Kidul dan Harian Jogja Kulon Progo. Meskipun berita
mengenai daerah Gunung Kidul dan Kulon Progo juga disajikan dalam Harian Jogja Reguler, namun
Harian Jogja sengaja menambah korannya sebagai salah satu strategi dalam menjangkau khalayak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen pemberitaan yang diterapkan di
Harian Jogja dalam menghadapi persaingan dengan media cetak lokal yang lain. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif
menjelaskan bagaimana strategi manajemen pemberitaan di Harian Jogja mulai dari penyebaran
Koran, kebijakan editorial yang dimiliki Harian Jogja dan proses manajemen yang diterapkan dalam
pemberitaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Harian Jogja menetapkan strategi
manajemennya dengan melakukan survey pendapat dengan masyarakat, memiliki nilai ekslusifitas
pada setiap berita, memberitakan sebuah isu dengan menambahkan unsur “What Next” dan
menurunkan harga untuk mengikuti persaingan agar tidak tertinggal. Target dari Harian Jogja sendiri
saat ini yaitu ingin menjadi sebuah media yang utama dalam pemberitaannya. Sehingga strategistrategi

manajemen penting dilakukan dan dievaluasi setiap saat guna mencapai target tersebut.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Harian Jogja sedang gencar melakukan sebuah
survey dan riset yang dilakukan untuk mengetahui keinginan masyarakat. Dari hasil survey tersebut
Harian Jogja telah mengaplikasikannya dengan memberikan berita politik yang ringan dan berita
olahraga yang lebih banyak dibanding dengan berita lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:40
Last Modified: 07 Nov 2016 03:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item