STRATEGI POSITIONING ABANKIRENK CREATIVE DALAM MENARIK DAN MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN

Yusrin Darwis, Alfa (2014) STRATEGI POSITIONING ABANKIRENK CREATIVE DALAM MENARIK DAN MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Abankirenk Creative adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
industri kreatif pembuatan buku tahunan sekolah. Selama hampir Sembilan tahun
berjalan perusahaan tersebut mampu menjadi market leader dalam pembuatan buku
tahunan sekolah diatara pesaing-pesaing baru yang bermunculan. Dengan posisi
sebagai perusahaan yang ”creative, innovative dan remarkable” Abankirenk Creative
menjadi sebuah perusahaan yang dapat menarik dan meningkatkan loyalitas
konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memahami bagaimana
penerapan dan pengembangan strategi positioning perusahaan Abankirenk Creative
di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode analisis data deskriptif analitis yang bertujuan untuk melihat bagaimana
pengembangan positioning Abankirenk Creative di Yogyakarta. Untuk teknik
pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara mendalam kepada informan yang
telah ada dalam lingkup penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam
penempatan posisi perusahaan tidaklah mudah melalui beberapa tahapan.
Pelaksanaan program-program tersebut sudah dilaksanakan secara berkesinambungan
dan berkelanjutan, artinya dilakukan secara sistematis dan berorientasi jangka
panjang. Kendala-kendala yang dihadapi Abankirenk Creative dalam mencapai posisi
yang sekarang ini adalah adanya perusahaan pesaing yang selalu dapat menawarkan
produk dengan harga yang lebih murah, dan konsumen menjadi kurang peduli akan
pentingnya kualitas yang dihasilkan. Kedepannya diharapkan Abankirenk Creative
dapat melakukan pendekatan-pendekatan yang menarik serta mengedukasi konsumen
dengan menggelar suatu branding activation.
Kata kunci: Strategi, positioning, perusahaan

Abankirenk Creative is a company engaged in the manufacture of creative
industries school yearbook. For nearly nine years of running the company to become
a market leader in the manufacture of high school yearbook diatara new competitors
are emerging. With the company's position as a "creative, innovative and remarkable"
Creative Abankirenk be a company that can attract and increase customer loyalty.
Therefore this study aimed to describe and understand how the application and
development of firms positioning strategy Abankirenk Creative in Yogyakarta. This
research is a qualitative study using descriptive data analysis method that aims to see
how the development Abankirenk Creative positioning in Yogyakarta. For data
collection techniques, researchers conducted in-depth interviews to the informant
who has been in the scope of this study. The results showed that the positioning of the
company is not easy through several stages. Implementation of these programs has
been conducted continuously and sustainably, meaning done in a systematic and
long-term oriented. Constraints faced in achieving Creative Abankirenk this position
is a competitor who is always able to offer products at cheaper prices, and consumers
are becoming less concerned about the importance of the quality of the output. Future
is expected to perform Abankirenk Creative approaches are attractive as well as
educate consumers by holding a branding activation.
Keywords: strategy, positioning, corporate

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:22
Last Modified: 07 Nov 2016 03:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8437

Actions (login required)

View Item View Item