STRATEGI TIM KREATIF PROGRAM “DAHSYAT” RCTI DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PEMIRSA

Titis Yudistira, Herlambang (2013) STRATEGI TIM KREATIF PROGRAM “DAHSYAT” RCTI DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PEMIRSA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
a.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Tim Kreatif Program “Dahsyat” RCTI Dalam Mempertahankan Loyalitas Pemirsa. “Dahsyat” merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki RCTI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat pemaparan tentang situasi dan peristiwa. Deskriptif sendiri merupakan metode penelitian yang berusaha mengembangkan konsep dan menghimpun fakta, akan tetapi tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis berdasar teori-teori tertentu. Metode tersebut digunakan supaya dapat memaparkan hasil penelitian secara lebih jelas sesuai dengan yang ada di lapangan tetapi tidak untuk menguji hipotesis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan melalui studi kepustakaan. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, yang mana hasil wawancara kemudian dibandingkan dan dianalisa dengan cara menggali data dari sumber yang berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kreatif tidak lepas dari konsep manajemen penyiaran. Konsep kreatif “Dahsyat” merupakan acara yang penuh variasi, tidak hanya menyajikan seputar musik dan video klip saja tetapi menampilkan variasi tempat, genre musik, dan gimmick. Tim Kreatif membuat strategi setiap harinya agar dapat menampilkan sesuatu yang segar. Strategi tim kreatif ”Dahsyat” agar selalu mendapatkan perhatian di mata pemirsanya adalah dengan selalu menampilkan duo host Olga dan Rafi Ahmad dan menampilkan artis yang sedang digemari oleh masyarakat serta artis pendatang baru. Program Musik “Dahsyat” masih terus ditayangkan karena masih banyak respon baik yang diberikan masyarakat, bisa dilihat di fanpage : facebook dan twitter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:13
Last Modified: 07 Nov 2016 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8434

Actions (login required)

View Item View Item