Kusumaningrum, Febriana (2014) “Pemaknaan ‘Kebebasan’ dalam Iklan Provider 3 (three) Always On (Analisis Semiotik terhadap Iklan 3 Always On versi Sasha dan Bima). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Abstrak Febriana Kusumaningrum.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Advertising is a form of promotion that is most widely used, this is
because the very broad reach and in terms of audio and visual or an interesting
blend of both. The rapid development of advertising creates competition among
competitors, one of which ad provider. So many themes raised, one of which is an
interesting theme that is still a matter of controversy is freedom. This theme was
delivered by the provider 3 (three). Therefore this study aimed to understand the
meaning of "freedom", particularly in advertising provider 3 (three) Always On.
With Sasha and Bima version, this ad is trying to look at from the standpoint of
women and men. Through advertising messages,writer aims to explain the
meaning of the symbols and meanings of freedom message to be conveyed in the
ad 3 (three) Always On. The benefits derived from this study is the authors were
able to understand the real meaning of freedom in the ad 3 Always On using
semiotic analysis approach. This study uses the framework of semiotic theory, the
freedom, as well as advertising to dig deeper into the meaning of freedom. This
study analyzed using qualitative research methods and approaches Roland
Barthes' semiotic analysis. Semiotics of Roland Barthes was trying to give an idea
of freedom and the meaning of life social in relation to society and culture myths
in society. Results from this study is that the meaning of freedom that try
conveyed provider 3 (three) in the ad is the freedom of the products supplied 3
Always On. Provider 3 tries to position itself as a provider that is different from
other providers, as products that provide services unconditionally. In this world
there is no freedom without conditions. In fact, to be able to enjoy Always On
service consumer must register and other requirements first. This means that the
provider is not free as free as possible, because there are requirements that must
be filled. Neither freedom in social terms, in this world nothing is really absolute,
freedom to limit precisely true. Unlimited freedom will only lead to chaos caused
by the ego diffuse each different individual. Existing boundaries was always
contain a positive impact for the individual, not the other way gives a loss.
Key word : Freedom, limit
Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling banyak
digunakan, ini dikarenakan jangkauannya yang sangat luas serta dari sisi audio
dan visual atau perpaduan antara keduanya yang menarik. Perkembangan iklan
yang sangat pesat menciptakan persaingan antar kompetitor, salah satunya iklan
provider. Begitu banyak tema yang diangkat, salah satunya yang menarik adalah
tema yang saat ini masih menjadi kontroversi adalah kebebasan. Tema ini
dibawakan oleh provider 3 (three). Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk
memahami makna “kebebasan”, khususnya dalam iklan provider 3 (three) Always
On. Dengan versi Sasha dan Bima, iklan ini mencoba melihat dari sudut pandang
wanita maupun pria. Melalui pesan iklan, penulis bertujuan untuk menjelaskan
mengenai makna simbol serta makna pesan kebebasan yang ingin disampaikan
dalam iklan 3 Always On. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah
penulis mampu memahami makna kebebasan sebenarnya dalam iklan 3 Always
On dengan menggunakan pendekatan analisis semiotika. Penelitian ini
menggunakan kerangka teori semiotika, kebebasan, serta iklan untuk menggali
lebih dalam mengenai makna kebebasan. Penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan analisis semiotika
milik Roland Barthes. Semiotika Roland Barthes ini mencoba memberikan
gambaran makna kebebasan serta kaitannya dengan kehidupan sosialdi
masyarakat dan mitos-mitos dalam kebudayaan masyarakat. Hasil dari penelitian
ini adalah bahwa makna kebebasan yang coba disampaikan provider 3 (three)
dalam iklannya adalah kebebasan yang disediakan 3 dalam produknya Always On.
Provider 3 mencoba memposisikan dirinya sebagai provider yang berbeda dengan
provider lainnya, yaitu sebagai produk yang menyediakan layanan tanpa syarat.
Di dunia ini tidak ada kebebasan yang tanpa syarat. Pada kenyataannya, untuk
dapat menikmati layanan Always On konsumen harus melakukan registrasi dan
syarat-syarat lainnya terlebih dahulu. Hal ini berarti provider 3 tidak bebas
sebebas-bebasnya, karena masih ada persyaratan yang harus dipenuhi. Begitupula
kebebasan dalam segi sosial, di dunia ini tidak ada yang benar-benar absolut,
kebebasan dengan batasan justru benar adanya. Kebebasan tanpa batas justru akan
menimbulkan chaos yang disebabkan oleh membaurnya ego masing-masing
individu yang berbeda. Batasan-batasan yang ada pun selalu mengandung dampak
positif untuk individu, bukan sebaliknya memberikan kerugian.
Kata kunci: Kebebasan, batasan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 03:03 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 03:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |