STRATEGI KOMUNIKASI HIJABERS COMMUNITY REGIONAL YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT PENGGUNAAN HIJAB ”ALA HIJABERS”

Budi S, Endah (2012) STRATEGI KOMUNIKASI HIJABERS COMMUNITY REGIONAL YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT PENGGUNAAN HIJAB ”ALA HIJABERS”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Image
2013-04-03 11-27-00_0005.jpg

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
endah budi s. 153090147.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ab.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hijabers community merupakan sebuah komunitas yang mempelopori perubahan penggunaan hijab. penggunaan hijab yang mereka pelopori peneliti menyebutnya dengan “ala hijabers”, sedangkan penggunaan hijab yang telah dirubah peneliti menyebutnya dengan hijab konvensional. Fenomena perubahan penggunaan hijab tersebut karena hijabers community menciptakan cara-cara penggunaan hijab yang sangat variatif. Hijabers community juga mempelopori penggunaan berbagai macam aksesoris dalam berhijab, sehingga penggunaan hijab lebih terkesan trendy dan tidak monoton serta tidak meninggalkan unsur syar’i. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi hijabers community regional Yogyakarta dalam menarik minat penggunaan hijab “ala hijabers”. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan dari hijabers community regional Yogyakarta dalam menarik minat penggunaan hijab “ala hijabers”, bagaimana efektivitas komunikasi yang dilakukan hijabers community regional Yogyakarta sehingga menciptakan perubahan minat pada pengguna hijab mode konvensional menjadi “ala hijabers”. Serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan munculnya ketertarikan terhadap penggunaan hijab “ala hijabers”. Peneliti menggunakan landasan berfikir dengan strategi komunikasi, di mana strategi komunikasi mempunyai tahapan-tahapan proses seperti perencanaan, implementasi hingga evaluasi. Strategi komunikasi mampu menjelaskan bagaimana sebuah proses yang dilaksanakan hijabers community dalam menarik minat penggunaan hijab “ala hijabers” telah sesuai dengan tahapan strategi komunikasi dengan benar atau belum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hijabers community belum seutuhnya menggunakan strategi komunikasi, karena tidak mempunyai landasan yang terstruktur dalam hal pemilihan media dan audiens serta dalam proses evaluasi. Akan tetapi, proses yang terjadi telah berhasil mengubah minat masyarakat untuk merubah penggunaan hijab dari konvensional menjadi “ala hijabers”. Perubahan minat yang signifikan terlihat dari para pengguna hijab. Pengguna hijab yang menjadi anggota dan pernah mengikuti kegiatan hijabers community cenderung lebih intensif dalam hal pemakaian hijab “ala hijabers”, lain halnya yang sekedar mengetahui keberadaan hijabers community dan style berhijab yang diciptakannya cenderung masih lebih sering menggunakan hijab konvensional. ABSTRACT Hijabers community is a community that pioneered the use of change hijab. They pioneered the use of the hijab which researchers call the "ala hijabers", while the use of the hijab as amended researchers call the conventional hijab. This phenomenon of changes of hijab uses it is because hijabers community create ways hijab uses are very varied. Hijabers community also pioneered the use of various accessories in full hijab, so the use of the hijab even more impressed trendy and not monotonous, and do not leave syar'i element. The problem research in this study is how the communication strategy of hijabers community Yogyakarta in attracting uses hijab “ala hijabers”. The purpose of this study was to determine how the use of Yogyakarta hijabers community in attracting the use of “ala hijabers” hijab, how the effectiveness of the communication Yogyakarta hijabers community thus creating an interest in the user of conventional hijab became “ala hijabers, and to know the factors that led to the emergence of interest in the use of the “ala hijabers”. Researchers used to think the foundation of communication strategy, which communication strategy has a process steps such as planning, implementation and evaluation. Thus, the communication strategy to explain how a process carried out hijabers community in attracting the use "ala hijabers" hijab in accordance with the stages of the communication strategy correctly or not. The research method used in this research is descriptive qualitative research method. Hijabers community has not fully used the communication strategy, because it does not have a structured basis in the selection of media and audience as well as in the evaluation process. However, the processes that occur have successfully changed the public interest to change the use of conventional became "ala hijabers" hijab. Users hijab is a member and attended hijabers community activities tend to be more intensive in terms of the veil "ala hijabers", another case that simply knowing where he was kept hijabers community and style they create tend to still more likely to use conventional hijab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:48
Last Modified: 03 Nov 2016 02:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8297

Actions (login required)

View Item View Item