Budi S, Endah (2012) STRATEGI KOMUNIKASI HIJABERS COMMUNITY REGIONAL YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT PENGGUNAAN HIJAB ”ALA HIJABERS”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() ![]() Preview |
Image
2013-04-03 11-27-00_0005.jpg Download (954kB) | Preview |
Preview |
Text
endah budi s. 153090147.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ab.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Hijabers community merupakan sebuah komunitas yang mempelopori
perubahan penggunaan hijab. penggunaan hijab yang mereka pelopori peneliti
menyebutnya dengan “ala hijabers”, sedangkan penggunaan hijab yang telah
dirubah peneliti menyebutnya dengan hijab konvensional. Fenomena perubahan
penggunaan hijab tersebut karena hijabers community menciptakan cara-cara
penggunaan hijab yang sangat variatif. Hijabers community juga mempelopori
penggunaan berbagai macam aksesoris dalam berhijab, sehingga penggunaan
hijab lebih terkesan trendy dan tidak monoton serta tidak meninggalkan unsur
syar’i. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi
komunikasi hijabers community regional Yogyakarta dalam menarik minat
penggunaan hijab “ala hijabers”. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana
strategi komunikasi yang digunakan dari hijabers community regional Yogyakarta
dalam menarik minat penggunaan hijab “ala hijabers”, bagaimana efektivitas
komunikasi yang dilakukan hijabers community regional Yogyakarta sehingga
menciptakan perubahan minat pada pengguna hijab mode konvensional menjadi
“ala hijabers”. Serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan munculnya
ketertarikan terhadap penggunaan hijab “ala hijabers”. Peneliti menggunakan
landasan berfikir dengan strategi komunikasi, di mana strategi komunikasi
mempunyai tahapan-tahapan proses seperti perencanaan, implementasi hingga
evaluasi. Strategi komunikasi mampu menjelaskan bagaimana sebuah proses yang
dilaksanakan hijabers community dalam menarik minat penggunaan hijab “ala
hijabers” telah sesuai dengan tahapan strategi komunikasi dengan benar atau
belum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif deskriptif. Hijabers community belum seutuhnya
menggunakan strategi komunikasi, karena tidak mempunyai landasan yang
terstruktur dalam hal pemilihan media dan audiens serta dalam proses evaluasi.
Akan tetapi, proses yang terjadi telah berhasil mengubah minat masyarakat untuk
merubah penggunaan hijab dari konvensional menjadi “ala hijabers”. Perubahan
minat yang signifikan terlihat dari para pengguna hijab. Pengguna hijab yang
menjadi anggota dan pernah mengikuti kegiatan hijabers community cenderung
lebih intensif dalam hal pemakaian hijab “ala hijabers”, lain halnya yang sekedar
mengetahui keberadaan hijabers community dan style berhijab yang diciptakannya
cenderung masih lebih sering menggunakan hijab konvensional.
ABSTRACT
Hijabers community is a community that pioneered the use of change
hijab. They pioneered the use of the hijab which researchers call the "ala
hijabers", while the use of the hijab as amended researchers call the conventional
hijab. This phenomenon of changes of hijab uses it is because hijabers
community create ways hijab uses are very varied. Hijabers community also
pioneered the use of various accessories in full hijab, so the use of the hijab even
more impressed trendy and not monotonous, and do not leave syar'i element. The
problem research in this study is how the communication strategy of hijabers
community Yogyakarta in attracting uses hijab “ala hijabers”. The purpose of this
study was to determine how the use of Yogyakarta hijabers community in
attracting the use of “ala hijabers” hijab, how the effectiveness of the
communication Yogyakarta hijabers community thus creating an interest in the
user of conventional hijab became “ala hijabers, and to know the factors that led
to the emergence of interest in the use of the “ala hijabers”. Researchers used to
think the foundation of communication strategy, which communication strategy
has a process steps such as planning, implementation and evaluation. Thus, the
communication strategy to explain how a process carried out hijabers community
in attracting the use "ala hijabers" hijab in accordance with the stages of the
communication strategy correctly or not. The research method used in this
research is descriptive qualitative research method. Hijabers community has not
fully used the communication strategy, because it does not have a structured basis
in the selection of media and audience as well as in the evaluation process.
However, the processes that occur have successfully changed the public interest to
change the use of conventional became "ala hijabers" hijab. Users hijab is a
member and attended hijabers community activities tend to be more intensive in
terms of the veil "ala hijabers", another case that simply knowing where he was
kept hijabers community and style they create tend to still more likely to use
conventional hijab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 02:48 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 02:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |