PENGARUH BRAND AWARENESS EMOTIONAL BRANDING (Survey Pada Penghuni Kost Ekslusif Daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta)

FEBRIEANTO, DIAZTOMO (2014) PENGARUH BRAND AWARENESS EMOTIONAL BRANDING (Survey Pada Penghuni Kost Ekslusif Daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Brand Awareness berperan dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk memilih suatu produk. Nama brand yang baik dapat membangkitkan perasaan berupa kepercayaan, keyakinan, keamanan, kekuatan, keawetan, kecepatan, status sosial dan asosiasi lain yang diinginkan. Sehingga konsumen merasa memiliki ketertarikan emosional dengan sebuah brand atau disebut dengan emotional branding.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan brand awareness yang positif dan signifikanterhadap peningkatan emotional branding pada pengguna smartphone di kalangan mahasiswa penghuni kost-kostan ekslusif di daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta.Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori Brand Awareness yaitu piramida kesadaran merek oleh Darmadi Durianto, Sugiarto, Lie Joko Budimandan teori Emotional Branding.Jenis penelitian ini adalah penelitian survei deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kost-kostan ekslusif yang berdomisili di daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah acak yang diambil berdasarkan rumus Yamane, hasil perhitungan sampel diperoleh jumlah sampel 88 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product momentdan analisis regresi linier sederhana.Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh secara signifikan antara terpaan brand awareness terhadap peningkatan emotional branding pada pengguna smartphone di kalangan penghuni kost-kostan ekslusif daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi 0,462, yang berarti bahwa tingkat hubungan antara variabel brand awareness (X) dengan variabel emotional branding (Y) masuk dalam kategori sedang (cukup kuat), nilai arah hubungan positif yang berarti bahwa ketika brand awareness meningkat maka emotional branding juga akan semakin meningkat begitu pula sebaliknya. Hasil analisis regresli linier sederhana diperoleh pengaruh brand awarenessterhadap emotional branding sebesar 21,3% dan 78,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar dari model yang diteliti. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti yaitu terdapat pengaruh secara signifikan antara terpaan brand awareness terhadap peningkatan emotional branding pada pengguna smartphone di kalangan penghuni kost-kostan ekslusif daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta. .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:05
Last Modified: 03 Nov 2016 02:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item