PENGARUH BRAND AWARENESS EMOTIONAL BRANDING (Survey Pada Penghuni Kost Ekslusif Daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta)

FEBRIEANTO, DIAZTOMO (2014) PENGARUH BRAND AWARENESS EMOTIONAL BRANDING (Survey Pada Penghuni Kost Ekslusif Daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Brand Awareness berperan dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk memilih
suatu produk. Nama brand yang baik dapat membangkitkan perasaan berupa kepercayaan,
keyakinan, keamanan, kekuatan, keawetan, kecepatan, status sosial dan asosiasi lain yang
diinginkan. Sehingga konsumen merasa memiliki ketertarikan emosional dengan sebuah brand
atau disebut dengan emotional branding.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
adakah pengaruh terpaan brand awareness yang positif dan signifikanterhadap peningkatan
emotional branding pada pengguna smartphone di kalangan mahasiswa penghuni kost-kostan
ekslusif di daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta.Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah
teori Brand Awareness yaitu piramida kesadaran merek oleh Darmadi Durianto, Sugiarto, Lie
Joko Budimandan teori Emotional Branding.Jenis penelitian ini adalah penelitian survei
deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kost-kostan ekslusif yang berdomisili
di daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah acak yang
diambil berdasarkan rumus Yamane, hasil perhitungan sampel diperoleh jumlah sampel 88
orang. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product momentdan analisis regresi
linier sederhana.Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh secara signifikan antara
terpaan brand awareness terhadap peningkatan emotional branding pada pengguna smartphone
di kalangan penghuni kost-kostan ekslusif daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitian
diperoleh nilai koefisien korelasi 0,462, yang berarti bahwa tingkat hubungan antara variabel
brand awareness (X) dengan variabel emotional branding (Y) masuk dalam kategori sedang
(cukup kuat), nilai arah hubungan positif yang berarti bahwa ketika brand awareness meningkat
maka emotional branding juga akan semakin meningkat begitu pula sebaliknya. Hasil analisis
regresli linier sederhana diperoleh pengaruh brand awarenessterhadap emotional branding
sebesar 21,3% dan 78,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar dari model yang diteliti. Hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti yaitu
terdapat pengaruh secara signifikan antara terpaan brand awareness terhadap peningkatan
emotional branding pada pengguna smartphone di kalangan penghuni kost-kostan ekslusif
daerah Seturan, Sleman, Yogyakarta.
.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:05
Last Modified: 03 Nov 2016 02:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item