PENGARUH TERPAAN KOMUNIKASI PEMASARAN SEPATU NIKE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA KOMUNIKASI ANGKATAN 2014 UPN “ VETERAN ” YOGYAKARTA

ADIPRASETYO, DIMAS WAHYU (2014) PENGARUH TERPAAN KOMUNIKASI PEMASARAN SEPATU NIKE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA KOMUNIKASI ANGKATAN 2014 UPN “ VETERAN ” YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan persaingan antar produk yang dapat dipercaya oleh konsumen
sangat dibutuhkan pada pasar industri yang begitu maju. Bisa mempengaruhi
peningkatan sumber daya ekonomi dalam pemasaran semakin menjadi lebih maju
di dunia global. Sehingga pemasaran sepatu nike membutuhkan perencanaan yang
tepat dan benar dengan membentuk sebuah terpaan komunikasi pemasaran yang
mampu meningkatkan produk yang memiliki nilai penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan
komunikasi pemasaran sepatu nike terhadap minat beli mahasiswa komunikasi
angkatan 2014 UPN “ Veteran ” Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Mahasiswa Komunikasi angkatan 2014 UPN “ Veteran ”
Yogyakarta. Alasan memilih Mahasiswa Komunikasi angkatan 2014 UPN karena
mahasiswa angkatan komunikasi aktif dalam berafktifitas terhadap kegiatan yang
ada di kampus dan mempunyai segmen anak muda untuk memenuhi kebutuhan
kehidupan sehari-hari. Sampel penelitian ini ada 50 mahasiswa angkatan 2014
yang dianggap cukup untuk mewakili keseluruhan populasi yang diteliti.. Cara ini
dilakukan karena populasinya anak muda. Model analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Analisis Korelasi Product Moment dan Analisis Regresi
Linear Sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis pada
variabel pengaruh terpaan komunikasi pemasaraan sepatu nike dalam kategori
tinggi dan minat beli mahasiswa komunikasi angakatan 2014 UPN “ Veteran ”
Yogyakarta yang tinggi pula. Sedangkan berdasarkan analisis kuantitatif
menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengaruh
terpaan komunikasi pemasaran sepatu nike terhadap minat beli mahasiswa
komunikasi angkatan 2014 UPN “ Veteran ” Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari
nilai ( t hitung = 2,715 > t tabel = 2,126 ). Dengan demikian semakin baik
pengaruh terpaan komunikasi pemasaran sepatu nike maka minat beli mahasiswa
komunikasi angkatan 2014 UPN “ Veteran ” Yogyakarta kuat berarti. Hal ini
dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,365, yaitu berada pada
tingkatan 0,21 – 0,40.
Saran bagi pemasaran sepatu nike agar produk yang unggul digunakan
pada penelitian selanjutnya diharapkan pengukuran terhadap terpaan komunikasi
pemasaran dan minat beli dilakukan secara sistematis dan statistik baik berskala
kecil atau besar. Selai itu meningkatkan mutu produk pemasaran sepatu nike. Bagi
mahasiswa agar terus mempermudah melakukan penelitian terpaan komunikasi
pemasaran dan minat beli yang lain agar kesimpulan dalam penelitian yang akan
diteliti valid dan dapat digunakan sebagai tambahan bahan acuan ilmu
Komunikasi.
Kata Kunci : Pengaruh Terpaan Komunikasi Pemasaran, Minat Beli Mahasiswa
Komunikasi Angkatan 2014 UPN “ Veteran” Yogyakarta.
ABSTRACT
The reliable growing competition among product by consumer is very necessary
on rapid industry market. It can affect improvement of economic resource on
marketing, so it will more advance in global world. Therefore, marketing of
nikeshoes requires planning in appropriate and right manner to build marketing
communication implementation which can improve product that have sales value.
This research is aimed to find out how much influence of “nike shoes”
marketing communication implementation towards purchasing interest of
Communication Students year 2014 of UPN “Veteran” Yogyakarta. Population
used in this research is Communication Students year 2014 of UPN “Veteran”
Yogyakarta. It because they are active Communication Students on existing
activities in college and have young segment to meet daily needs. The sample of
this research is 50 students year 2014 who assumed capable to represent observed
population entirely. And then the sample selection technique used is simple
sampling random technique. It is used because the population is young people.
The analysis model of this research is Moment Product Correlation Analysis and
Simple Linear Regression Analysis.
The result of this research indicates that based on analysis result of
influence variable, implementation of “nike shoes” marketing communication
implementation is belonging to high category and purchasing interest of
Communication Students year 2014 of UPN “Veteran” Yogyakarta is belonging
to high category as well. While based on quantitative analysis, it is indicates that
there is significantly positive relationship between influence of “nike shoes”
marketing communication implementation towards purchasing interest of
Communication Students year 2014 UPN “Veteran” Yogyakarta. It can be viewed
from the value (t-value = 2.715 >t-table = 2.126). Therefore, the greater influence
of “nike shoes” marketing communication implementation, purchasing interest of
Communication Students year 2014 UPN “Veteran” Yogyakarta is strong as well.
It is proved by correlation coefficient value = 0,365 are between level 0.21 – 0.40.
The suggestion for marketing of “nike shoes” is the more excellent product
of “nike shoesshould be used in the future research. So, it can be expected that
measurement towards marketing communication implementation and the
purchasing interest could be carried out systematically and statistically either for
small or large scale. Besides, it is aimed to improve quality of “nike shoes”
marketing product. For students, it is aimed to facilitate other research about
marketing communication implementation and purchasing interest. Thus, the
research conclusion is valid and can be used as other reference of Communication
science.
Keyword: influence of marketing communication implementation, purchasing
interest of Communication Students Year 2014 UPN “ Veteran ”
Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 03 Nov 2016 01:48
Last Modified: 03 Nov 2016 01:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8274

Actions (login required)

View Item View Item