ANALISIS DESKRIPTIF REPRESENTASI NILAI-NILAI GAYA HIDUP PRIA METROSEKSUAL DI YOGYAKARTA

PUTRI, AJENG OCTAVIANA (2013) ANALISIS DESKRIPTIF REPRESENTASI NILAI-NILAI GAYA HIDUP PRIA METROSEKSUAL DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah munculnya fenomena metroseksual di Yogyakarta. Metroseksual adalah pria yang wangi, rapi, dan sangat mencintai dirinya sendiri, serta tidak ragu lagi untuuk berdandan (Skripsiadi,2005:97). Perilaku atau akitivitas-aktivitas yang dilakukan memiliki representasi tersendiri yang dapat diartikan. Perilaku tersebut juga tergolong ke nilai-nilai gaya hidup yang dianut oleh pria metroseksual. Tujuan penelitian ini adalah mengartikan atau merepresentasikan nilai-nilai gaya hidup pria metroseksual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif atau pemaparan yang memaparkan nilai gaya hidup metroseksual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalan wawancara mendalam, observasi, dan study pustaka, Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai gaya hidup pria metroseksual yaitu nilai estetika/keindahan yang direpresentasikan lewat cara metroseksual merawat dirinya, dengan rajin ke salon, konsumen produk kecantikan, dan pelanggan klinik kecantikan, lalu nilai kesehatan yang direpresentasikan dari rajinnya pria metroseksual berkunjung ke gym atau mengikuti kelas erobic untuk menjaga badannya agar tetap sixpack dan bagus. Nilai pengakuan/ penghargaan yang direpresentasikan lewat gemarnya pria metroseksual mengikuti perkembangan tren fashion dan gadget berdasarkan merk atau branded. Nilai Sosialisasi yang direpresentasikan lewat lebih sukanya seorang pria metroseksual melakukan motif afiliasi di cafe. Gaya hidup yang pria metroseksual lakukan dapat memberikan rasa percaya diri yang tinggi. Niali-nilai gaya hidup pria metroseksual dapat di representasikan dengan inginnya pria-pria ini mendapatkan status sosial yang tinggi sehingga pria-pria ini rela melakukan apapun agar tercipta image yang melekat dengan orang itu sendiri sehingga orang lain akan mudah untuk mengidentifikasi siapa mereka dan ingin terlihat apa mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:39
Last Modified: 28 Oct 2016 03:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8147

Actions (login required)

View Item View Item