Pradipta W., Radin (2013) KONSTRUKSI IDEOLOGI MASKULINITAS DALAM IKLAN (Analisis Semiotik Iklan Televisi Ekstra Joss VersiParkour). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Wacana gender selama ini masih menjadi perdebatan yang tak
kunjung usai, budaya patriarki yang mengedepankan laki-laki sebagai salah
satu bentuk kepemimpinan masih mendominasi idelogi masyarakat baik dari sisi
agama, adat maupun pandangan secara umum. Berbicara mengenai maskulin
tentu saja tak bisa lepas dari pembicaraan mengenai gender yang kemudian
menjadi bagian dari budaya masyarakat yang terkonstruksi, salah satu media
konstruksi adalah adanya maskulinitas pada iklan. Namun demikian maskulinitas
dalam iklan masih terlalu umum untuk dimaknai serta belum dapat dilihat apa
yang dikonstruksikan dari iklan dengan tema maskulinitas. Sehubungan
dengan hal tersebut perlu adanya penelitian secara ilmiah mengenai
konstruksi maskulinitas dalam iklan. Metode penelitian yang digunakan adalah
analisis semiotik dengan obyek penelitian iklan “extra joss” versi parkour. Teknik
analisa data yang digunakan menggunakan teori Roland Bartes. Keabsahan data
untuk mengukur validitas data yang diperoleh menggunakan sebagian dari
sembilan formula penafsiran. Hasil analisis yang telah dilakukan diketahui
bahwa berdasarkan makna denotasi diketahui bahwa tema yang diambil
mengandung unsur maskulinitas. Makna konotatif secara keseluruhan adalah
membangkitkan semangat tinggi, berani dan tangguh menghadapi tantangan.
Mitos yang terkandung dalam iklan extra joss ini adalah penggunaan warna
kuning sebagai simbol semangat serta penggunaan bahanbahan yang
dipercaya mampu meningkatkan vitalitas laki-laki. Konstruk ideologi yang
dibentuk secara eksplisit adalah idiologi maskulinitas yang menampilkan
karakter laki-laki secara sempurna sedangkan secara implisit memiliki
konstruk ideologi instan bagi masyarakat.
Kata Kunci: Gender, Patriarki, Maskulin, Metode Semiotik, Konstruksi Idiologi,
Konotatif, Mitos.
ABSTRACT
The discourse on gender for this still a debate that never ended,
patriarchal culture that puts men as one form of leadership is still dominated the
idelogi of society both in the religious, culture and generalisation. Talk about
masculine, of course, could not escape the talk about gender that later
became part of the popular culture that is construction, one of the media is
the construction of masculinity in advertising. However, masculinity
inadvertising is still too general and not meant to be seen what is constructed from
advertising with the theme of male masculinity. With respect to the need for
scientific research on the construction of masculinity in advertising. The
research method used is the analysis of the research object of advertising
semiotik "extra joss" of parkour version. Data analysis techniques used by
using the theory of Roland Bartes. Validity of data to measure the validity of
the data obtained using the formula of nine interpretation. Results of the analysis
have been made known that upon the meaning denoted that contain elements
of epochs of male masculinity. Connotative meaning in its entirety is
uplifting high, courageous and tough challenges. The myth contained in ad
extra joss is the use of the color yellow as a symbol of the spirit as well as the use
of ingredients that are believed to be able to enhance male vitality. Invalid
constructs ideologies formed explicitly is a ideology masculinity that feature
male characters perfectly while implicitly have invalid constructs ideologies
instant for the community.
Key Word: Gender, Patriarchy, Masculine, Semiotic Method, Construction of
ideology, Connotative, Myth.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 08:16 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 08:16 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |