Bella S, Naomi (2014) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TEATER BALI AGUNG DALAM MEMPROMOSIKAN KEBUDAYAAN BALI DI RANAH INTERNASIONAL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
str.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Seiring dengan kemajuan pariwisata dijaman sekarang ini, hadirlah pertunjukan karya seni
budaya Bali yaitu Teater Bali Agung. Bernaung di bawah Taman Safari Indonesia, teater ini dirasa
merupakan salah satu media yang sangat efektif untuk digunakan sebagai media promosi dan
komunikasi kebudayaan Indonesia (Bali). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh
mana pemanfaatan Teater Bali Agung sebagai media promosi dan komunikasi karya seni dan
kebudayaan Bali ke ranah Internasional, mengingat daerah Bali merupakan daerah yang sangat
ramai dikunjungi wisatawan luar negeri. Selain itu penelitian ini juga dilakukan guna
mengetahui mengapa Pertunjukan Bali Agung dipilih sebagai salah satu media untuk berpromosi
dan untuk mengetahui pula bagaimana sistem promosi dan strategi marketing Teater Bali Agung
itu sendiri. Di dalam penelitian ini, masalah yang diteliti juga didukung oleh beberapa teori
yaitu diantaranya adalah teori komunikasi, teori pemasaran, teori promosi serta teori-teori lain yang
digunakan sebagai acuan yang mendasari penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh dengan
melakukan wawancara mendalam dengan para pengunjung Teater Bali Agung yang menonton
pertunjukan ini sebagai sarana promosi dan komunikasi. Dengan hasil penelitian dan analisa
data yang diperoleh kesimpulannya yaitu Teater Bali Agung memang memiliki banyak manfaat
sebagai media promosi dan komunikasi kebudayaan Indonesia, khususnya Bali serta kegiatan
promosi yang dilakukan seperti penggunaan iklan, promosi penjualan baik dalam dan luar negeri,
terbukti efektif karena dilakukan dengan jangkauan yang luas, biayanya murah, keaktifan para
tim untuk menampilkan pertunjukan, dan juga kekompakan mereka dalam proses mengenalkan
teater lewat media yang ada (youtube dan gimmick) ke ranah Internasional yang sudah terbukti
membawa pertunjukan ini ke dalam event besar berskala Internasional yang sangat membanggakan
dan mengharumkan nama Indonesia seperti contohnya APEC dan opening acara Miss World.
Dengan pelaksanaan promosi dalam bauran pemasaran untuk strategi komunikasi pemasaran,
diharapkan segala kegiatan yang dilakukan membawa dampak positif dalam meningkatkan jumlah
pengunjung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 06:38 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 06:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |