STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEDAGANG BATIK DAN KONSUMEN DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PEMBELIAN

WIJAYANTI, ANIS MARLINA (2014) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEDAGANG BATIK DAN KONSUMEN DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PEMBELIAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pasar Beringharjo memiliki jumlah pedagang yang sangat banyak dan
diperkirakan terus berkembang dari tahun ketahun. Semakin bertambahnya
jumlah pedagang yang ada tentu membuat persaingan di antara para pedagang
batik semakin ketat. Pedagang batik harus mempunyai strategi-strategi dalam
menarik pembeli terutama bagi para pedagang-pedagang yang sudah lama
berdagang di Pasar Beringharjo. Rumusan masalah yang dibuat adalah “Strategi
Komunikasi Interpersonal Pedagang Batik dan Konsumen Di Pasar Beringharjo
Yogyakarta Dalam Meningkatkan Pembelian”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi-strategi komunikasi yang digunakan pedagang batik di Pasar
Beringharjo Yogyakarta dalam meningkatkan pembelian konsumen. Penelitian ini
berkaitan dengan Teori Komunikasi Interpersonal. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi
dan wawancara. Subyek dari penelitian ini adalah pedagang batik di Pasar
Beringharjo dan konsumen mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masingmasing pedagang batik memiliki strategi yang berbeda-beda dalam meningkatkan
pembelian yang dilakukan oleh konsumen mereka. Strategi komunikasi yang
dilakukan para pedagang batik yaitu dengan menggunakan pendekatan
komunikasi secara interpersonal. Strategi komunikasi yang digunakan pedagang
batik bagi para pelanggan lama yaitu dengan komunikasi yang teratur serta selalu
menginformasikan model-model terbaru dengan harga yang kompetitif. Bagi para
konsumen baru pedagang batik menggunakan strategi dengan memasang display
yang menarik agar calon konsumen tertarik serta melayani dengan ramah dan
sopan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, komunikasi interpersonal antara
pedagang batik dan konsumen terdiri dari tiga unsur yaitu pengetahuan mengenai
produk, motif pembelian, dan kredibilitas pedagang batik dalam berkomunikasi.
v
ABSTRACT
The increasing of traders become an attraction for the researcher to inspect more
about batik traders there. Since the trader is increasing rapidly makes the
competition among batik traders is become more intense. Therefore, every traders
should have many strategies to attract buyers especially for trader or seller who
already doing bussiness for long time in that market. Based on the background,
the formulation of the problem which has been made is "How the communication
strategies which is done by Batik trader and the buyers in Yogyakarta Beringharjo
market to increase purchases?". This research aims to know the communication
strategies which is used by batik traders and the buyers in Beringharjo Market in
Yogyakarta to increase purchases. This research is related to Interpersonal
Communication Theories. It uses qualitatives researching method with data
collecting technique by observation and interview. The subject of this research is
batik traders in Beringharjo market and their buyers or customers. Batik traders in
Beringharjo still using communication approach interpersonally to make their
customers feel served nicely and friendly. Communication strategy which used by
the batik traders for the loyal customers, batik traders use regular communication
by informing the newest design of batik with competitive price. For the new
customers, the batik traders use the strategy of display laying. They lay the
display as good as it can be to attract the customers attention by friendly and
courteous. Based on the research, communication interpersonal have three point.
Product knowledge, motif for buying, and credibility of batik traders in
communication.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 27 Oct 2016 06:20
Last Modified: 27 Oct 2016 06:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8095

Actions (login required)

View Item View Item